Prodi PBA Tanamkan Pemahaman Bahasa Arab pada Mahasiswa Melalui Seminar

Sesi foto bersama antara dosen dan tamu undangan yang hadir dalam pergelaran seminar dan silaturahim Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) dan kerjasama alumni PBA, di Gedung Academic Center (AC) Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang, Rabu (18/12/19).Ukhuwahfoto/Reza

UIN – Ukhuwahnews | Program studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Arab (PBA) UIN Raden Fatah Palembang dan Ikatan Alumni Pendidikan Bahasa Arab (IkAPBA) mengelar seminar sekaligus silaturahim yang bertemakan “Bahasa Arab ditengah Arus Revolusi Industri 4.0”, di Gedung Academic Center (AC) UIN Raden Fatah Palembang, rabu (18/12/19).

Dosen Prodi PBA Dr. H. Mukmin, Lc. M. Pd. I mengatakan seminar ini diadakan setiap tahunnya, untuk memacu mahasiswa agar memiliki daya tarik dalam mempelajari dan memahami dunia bahasa Arab.

“Acara ini bertepatan di hari bahasa Arab sedunia dan ini merupakan salah satu langkah untuk menanamkan pemahaman mahasiswa di dunia Bahasa arab,” ujarnya saat diwawancarai.

Mukmin menambahkan, bahasa Arab ini pernah menguasai dunia bisa dilihat dari kisah Nabi Nuh As. yang memiliki keturunan bernama Sam yang berkomunikasi menggunakan bahasa Arab dan menyebarluaskan di masa kepemimpinan Nabi Muhammad SAW.

“Anehnya, orang zaman sekarang lebih tertarik menggunakan bahasa Inggris ketimbangkan bahasa Arab, padahal bahasa Arab lebih dahulu ada seperti cat yang diserap dari bahasa arab qittun yang artinya kucing,” jelasnya.

Lebih lanjut, Mukmin juga menyampaikan, ada beberapa keterampilan dalam mempelajari bahasa arab dari mendengar, membaca, berbicara dan menulis.

“Dari Prodi manapun kalian jika ingin menguasai bahasa Arab itu yang pertama harus mempelajari keterampilaan seperti listening,” katanya saat menyampaikan materi.

Sementara itu, Wakil Ketua HMPS Prodi PBA, Muhammad Iqbal berharap, untuk para peserta yang berpartisipasi dapat menumbuhakan rasa keingintahuan dalam mempelajari bahasa Arab.

“Bahasa Arab adalah bahasa yang paling mulia seperti di dalam Al-Qur’an Surah Yusuf ayat 2, jadi dari penjelasan tersebut mahasiswa harus dapat mengetahui dunia bahasa Arab,” ujarnya saat diwawancarai.

Senada dengan itu, Dosen Bahasa Arab Prodi Matematika Fitria Ulfa M. Pd. I mengatakan, sangat terinspirasi atas acara tersebut karena bahasa arab adalah bahasa Al-Quran.

“Dengan digelarnya seminar ini saya akan terus mengamalkan Al-Qur’an dan sunah-sunah,” pungkasnya.

Fitria juga berharap, mahasiswa dapat mengaplikasikan dan mengamalkan Al-Qur’an dan sunah dalam kehidupan sehari-hari.

Reporter : Reza
Editor : Siti Srijaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *