PPL Mandiri Jurnalistik UIN Raden Fatah Kunjungi RRI

Kunjungan Mahasiswa Prodi Jurnalistik Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Raden Fatah saat mengunjungi RRI Palembang. Rabu (10/7/19)

UIN – Ukhuwahnews | Sejumlah 41 Mahasiswa mengunjungi Radio Republik Indonesia (RRI) Palembang pada Rabu pagi. (10/7/19). Hal ini merupakan rangkaian kegiatan Praktik Profesi Lapangan (PPL), Program Studi Jurnalistik, Fakultas Dakwah & Komunikasi, Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang.

Pada kesempatan tersebut, Muhammad Ridho selaku ketua pelaksana menyampaikan ada tiga poin penting yang menjadi tujuan kunjungannya dan mahasiswa angkatan 2016-2015 ke RRI,

“Tiga poin teesebut yaitu, teknik tulisan berita radio, bagaimana menjadi penyiar yang tidak gugupan, dan pengelolaan radio yang baik, mengingat Dakwah punya radio fatwa,” ujarnya

Ia menambahkan, kunjungan PPL ini juga akan dilakukan ke 3 kantor media berita lainnya, yaitu Sumeks, Detik Sumsel Palembang, dan Kantor TVRI. Selain itu, nantinya akan diadakan workshop selama 3 hari setelah kunjungan 4 hari, dengan mendatangkan Aliansi Jurnalis Independen (AJI), Pewarta Foto Indonesia (PFI), &  Mata Kamera.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Kabid Pemberitaan RRI, Yopi Yacob mengutarakan apresiasinya kepada peserta PPL, dimana sebelumnya juga ada 15 peserta dari universitas yang sama, denngan tujuan yang sama pula.

“Saya sebelumnya mengucapkan terimakasih kepada adik-adik untuk kunjungannya. Kami nanti akan menjelaskan apa saja yang menjadi tujuan adik-adik disini” ucapnya saat menyampaikan kata sambutan

Yopi juga menuturkan, sudah banyak beberapa mahasiswa UIN yang sebelumnya magang di RRI. Mereka dimagangkan diantara keempat program siaran RRI yang ditempatkan sesuai potensi atau kemampuan mahasiswa.

“Kita ada 4 program siaran disini, program 1 untuk informasi umum, program 2 untuk anak muda, program 3 untuk berita, dan program 4 untuk budaya. Jadi nanti untuk mahasiswa yang magang akan ada penempatan sesuai kemampuan,” jelasnya.

lelaki yang mengaku sudah ke 200 negara karena siaran radio itu berharap, kepada peserta magang untuk nantinya mampu menerapkan ilmu yang didapatkan, atau juga akan menerima peserta magang dengan konsep pembelajaran yang disesuaikan.

 

Reporter : Mita Rosnita

Editor : Fitria

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *