Kuliah intensif Pendidikan Latihan Kemahiran Hukum (PLKH) dan Pendidikan Latihan Ibadah Kemasyarakatan (PLIK), dimulai sejak 16 Januari 2017 hingga 27 Februari 2017. ukhuwahnews/septi

Kuliah intensif Pendidikan Latihan Kemahiran Hukum (PLKH) dan Pendidikan Latihan Ibadah Kemasyarakatan (PLIK), dimulai sejak 16 Januari 2017 hingga 27 Februari 2017. ukhuwahnews/septi

 

UIN-Ukhuwanews.com | Demi melahirkan sarjana yang mahir dalam bidang hukum, seluruh mahasiswa semester enam Fakultas Syari’ah dan Hukum Universitas Islam Negeri Raden Fatah (UIN RF) Palembang, wajib mengikuti kuliah intensif Pendidikan Latihan Kemahiran Hukum (PLKH) dan Pendidikan Latihan Ibadah Kemasyarakatan (PLIK).

Wakil Dekan I Fakultas Syari’ah dan Hukum Dr. H. Marsaid, M.A, menjelaskan tujuan dari kegiatan PLKH dan PLIK untuk melatih mahasiswa mempraktikkan teori-teori tentang hukum dengan didampingi oleh para praktisi hukum dan melatih kemahiran beribadah.

“Kuliah intensif PLKH bertujuan untuk melatih mahasiswa mempraktikkan teori-teori tentang hukum, mulai dari Legal Grafik, Pembuatan Undang-undang (UU), merumuskan UU, mempraktikkan hingga mengaplikasikannya. Sedangkan PLIK untuk mempersiapkan diri dan  memberikan teladan kemasyarakat,” jelasnya.

Marsaid menambahkan PLKH dan PLIK yang dimulai sejak 16 Januari 2017 hingga 27 Februari 2017. Selain itu, menurutnya pelaksanaan kegiatan tersebut tahun ini menjadi sedikit rumit karena administrasi perkuliahan sejak tahun 2014 Sumbangan Pembinaan dan Pendidikan (SPP) beralih menjadi Uang Kuliah Tunggal (UKT).

“Semenjak tahun 2014 SPP berubah menjadi UKT, sehingga hanya dosen, Alat Tulis Kantor (UKT), dan Administrasi yang bisa dibayar. Sedangkan untuk buku mereka beli sendiri dan perlengkapan pendukung PLKH dan PLIK membayar sendiri,” tambahnya.

Salah satu Peserta kuliah Intensif PLKH dan PLIK, Ana Septiana mengungkapkan, PLKH dan PLIK sangat penting bagi mereka, namun jadwal yang berubah-ubah sangat mengkhawatirkan.

“PLKH dan PLIK sangat penting dan berguna ketika sudah masuk dunia pekerjaan nanti, namun karena dosen yang mengajar banyak kegiatan sehingga jadwal belajar berubah-ubah,” tuturnya.

Senada dengan hal tersebut, Peserta Kuliah Intensif PLKH dan PLIK Jurusan Muamalah, Dian Fauziah berharap PLKH dan PLIK bisa lebih baik kedepannya dengan dosen-dosen yang selalu aktif mengajar dengan jadwal yang pasti dan tidak berubah-ubah.

 

Reporter : Olw, Spt

Editor : Mcr

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

To Top
Kancah Kreativitas Ilmiah