Kabar Sumsel

Piknik Menulis Bersama FAM Indonesia

Foto bersama peserta Piknik Menulis yang diadakan oleh Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia ragional Palembang di bawah Jembatan Ampera, Sabtu,(29/4/17).Ukhuwahnews/Erna Rustiana.

Palembang-Ukhuwahnews.com | Kegiatan perdana Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia ragional Palembang mempersembahkan Piknik Menulis yang diadakan dibawah Jembatan Ampera, menjadikan motivasi peserta mencoba menulis dan lebih memberanikan diri untuk selalu mencoba. Sesuai dengan dengan tema yang diusung, Sathing (Sharing about Listening, Thingking and Speaking), menjadi modal awal meningkatkan kreativitas para peserta, Sabtu,(29/4/17).

Fakhturohman sebagai Penulis Opini Publik menujukkan kewibawaannya dengan membawakan materi, mengatakan bahwa langkah awal untuk menulis itu adalah berani mencoba.

“Ketika mengalahkan rasa malas untuk menulis itu adalah hal yang sangat sulit itu terjadi pada diri saya sendiri ,nah bagi kalian yang ingin megalahkan rasa malas ini kalian harus terus mecoba meluangkan waktu untuk terbiasa menulis disitu nanti akan muncul ide-ide yang kita pikirkan sebelumnya,” katanya.

Ia juga menambahkan bahwa banyak kesulitan ketika menulis, seperti menentukan kalimat awal, judul dan apa isi yang akan ditulis selanjutkan sebagai kata penguat atau memilih angel tulisan agar menarik.

“Untuk menentukan kalimat yang menarik itu ambil kata yang sekiranya mudah dimengerti oleh pembaca dan buatlah judul itu semenarik mungkin , karena ada dari sebagian orang mengatakan bahwa judul itu sudah mencakup isi, maka saat melihat judul pembaca tahu gambaran isi tulisan. Cobalah membuat judul dengan kalimat tanya sehingga pembaca menjadi penasaran dengan isi tulisan,” tambahnya.

Akhir pemberian materi, Fakhturohman menyampaikan pesan bahwa jangan jadikan rasa malas penghalang untuk melakukan kegiatan yang positif. Karena disaat tidak pernah mencoba maka tidak akan mungkin mendapatkan cara untuk meraih keberhasilan. Walaupun sebelumnya pernah mengalami  kegagalan, itu akan menjadi motivasi diri untuk lebih baik.

Ketua Umum Harian FAM, Laura Silvia merasa senang acara ini bisa langsung dibuka oleh Ketua Dinas Pariwisata, Lisa Surya Andika dan diikuti  kurang lebih 40 peserta untuk meramaikan kegiatan ini.

Laura juga mengungkapkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk membantu atau sebagai wadah untuk semua orang yang memang ingin mengembangkan bakatnya menulis. Ia menambahkan, kegiatan perdana ini menjadi tolok ukur agar selanjutnya bisa mengadakan acara yang lebih besar lagi.

“Seihingga minat seseorang untuk mengikuti lebih meningkat terutama minat menulis,” tambahnya.

Salah satu peserta bernama Anisa mengungkapkan pendapatnya tentang acara Piknik Menulis, supaya lebih efektif lagi serta harus menggunakan metode indoor dan outdoor.

“Sehingga penyampain materi dalam forum bisa langsung dipraktikan di lapangan sebagai pembelajaran dan memudahkan bagi pemula yang baru ingin menulis,” tutupnya.

Reporter : Ern, Dyt

Editor : Wfi

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

To Top
Kancah Kreativitas Ilmiah