Sejumlah Mahasiswa Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri Raden Fatah (UIN RF) Palembang yang mengikuti Pendidikan dan Latihan Kemahiran Hukum (PLKH) sedang bersiap melakukan agenda kunjungan empat pengadilan di kota Palembang, Selasa (14/2).

Sejumlah Mahasiswa Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri Raden Fatah (UIN RF) Palembang yang mengikuti Pendidikan dan Latihan Kemahiran Hukum (PLKH) sedang bersiap melakukan agenda kunjungan empat pengadilan di kota Palembang, Selasa (14/2). Ukhuwahnews/Monalia

 

UIN-Ukhuwahnews.com | Setelah mengikuti kegiatan pelatihan hukum selama beberapa minggu, Mahasiswa Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri Raden Fatah (UIN RF) Palembang semester enam, sebagai peserta Pendidikan dan Latihan Kemahiran Hukum (PLKH) melanjutkan agenda kunjungan empat pengadilan di kota Palembang, Selasa (14/2).

Koordinator pelaksana PLKH, Vita Justisia mengatakan setelah mengikuti pelatihan selama dua bulan, peserta melakukan kunjungan yang berlangsung selama 5 hari, dengan tujuan agar peserta dapat langsung melihat bagaimana kondisi pengadilan dengan contoh kasus yang sebenarnya.

“Ada empat pengadilan yang akan mereka kunjungi yaitu Pengadilan Agama, Pengadilan Negeri, Pengadilan Tata Usaha Negara, dan Pengadilan Militer,” katanya.

Vita menambahkan bahwa nantinya peserta yang mengikuti kunjungan ini akan bisa melihat bagaimana kondisi pengadilan dengan contoh kasus sebenarnya.

“Selain itu mereka juga akan langsung menerapkan apa saja yang telah mereka pelajari dari kunjungan ini melalui perlombaan peradilan semu yang akan diadakan oleh pihak Fakultas Syariah dan Hukum,” tambahnya.

Menurut Vita, ratusan mahasiswa yang mengikuti kunjungan PLKH ini terdiri dari beberapa jurusan di Fakultas Syariah dan Hukum seperti  Jinayah Siyasah, Muamalah, Al-ahwal al-Syakhsiyah, Perbandingan Mahzab dan Hukum.

Salah satu peserta PLKH Jurusan Al-ahwal al-syakhsiyah, Umi Kalsum menyampaikan harapannya agar mahasiswa bisa lebih memahami tentang praktek hukum yang ada di pengadilan secara baik dan benar.

“Kegiatan ini terbilang cukup efektif karena peserta langsung bisa melihat bagaimana jalannya sistem peradilan di berbagai pengadilan kota Palembang,” katanya.

Senada yang disampaikan, Dosen Fakultas Syariah dan Hukum, Ifrohati, S.Hi, M.Hi juga mengatakan kegiatan kunjungan ini sangat menjadi salah satu program tahunan yang diadakan Fakultas Syariah dan Hukum, dimana kegiatan ini sangat efektif dan banyak memberi manfaat bagi mahasiswa.

“Contoh manfaatnya, pada tahun lalu salah satu mahasiswa dari Fakultas Syariah dan Hukum berhasil memenangkan perlombaan peradilan semu tingkat nasional yang terselenggarakan di Jakarta. Hal ini membuktikan bahwa ilmu yang didapatkan dari kunjungan ini benar-benar teraplikasi pada mahasiswa itu sendiri.” Tuturnya.

Reporter : Ros, Lia, Tyo

Editor : Mcr

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

To Top
Kancah Kreativitas Ilmiah