KKN- Ratusan mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang memenuhi halaman gedung fakultas dakwah B untuk menandatangani Kwitansi Pembayaran dan mmengumpulkannya pada panitia KKN dari Lembaga Penelitian dan Pengembangan (LP2M), Senin (06/02/17).ukhuwahnews/wilfi

KKN- Ratusan mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang memenuhi halaman gedung fakultas dakwah B untuk menandatangani Kwitansi Pembayaran dan mmengumpulkannya pada panitia KKN dari Lembaga Penelitian dan Pengembangan (LP2M), Senin (06/02/17).ukhuwahnews/wilfi.

 

UIN-Ukhuwahnews | Kuliah Kerja Nyata (KKN) ke 67 Universitas Islam Negeri Raden Fatah (UIN RF) Palembang, yang akan di laksanakan pada 08 Februari sampai 24 maret  2017. Peserta KKN yang telah mendaftar adalah  mahasiswa semester 7 yang berjumlah 1896 orang. Bagaimana hal di atas, Kepala Pusat Pengabdian Masyarakat, Komaruddin, M.Si menjelaskan lebih rinci lokasi KKN dan jumlah kelompok yang akan ditempatkan.

“Lokasi KKN ke 67 ini berada di Kota Palembang dan Kabupaten Banyuasin. Untuk Kota Palembang sebanyak 12 Kecamatan dan 77 kelompok yang akan ditempatkan. Sedangkan untuk Kabupaten Banyuasin sebanyak 9 Kecamatan dan 159 kelompok yang akan ditempatkan disana,” jelasnya.

Selanjutnya beliau juga menuturkan Dosen Pembina Lapangan (DPL) yang akan mengawasi mahasiswa KKN di lokasi dan jumlah DPL yang akan ditempatkan di lokasi KKN.

“Dosen Pembina Lapangan adalah Dosen yang telah mendaftar secara online menjadi DPL lalu telah mengikuti pelatihan DPL. Untuk Kota Palembang kami menempatkan 27 orang dan di Kabupaten Banyuasin berjumlah 55 orang,” lanjutnya.

Keberangkatan pertama adalah mahasiswa yang ditempatkan di Kabupaten Banyuasin pada Senin (06/02/17). Semua mahasiswa KKN akan berangkat dengan bus yang telah disiapkan oleh kampus, kemudian nanti akan ada serah terima secara simbolik dari Rektor UIN Raden Fatah kepada Bupati Banyuasin di kantor Kecamatan Talang Kelapa, seperti yang dituturkan oleh Komaruddin.

“Mahasiswa KKN yang ditempatkan di Banyuasin akan berangkat dengan bus yang disiapkan kampus. Dan nanti juga ada serah terima secara simbolik oleh Rektor UIN kepada Bupati Banyuasin di Kantor Kecamatan Talang Kelapa,” tuturnya dengan mata lelah.

Komaruddin berharap agar mahasiswa KKN dapat bersungguh-sungguh melakukan tugas pengabdian pada masyarakat. Juga bisa melakukan penelitian dan menemukan aset-aset yang bisa dikembangkan.

“Diibaratkan dalam sebuah gelas yang berisi air namun tidak penuh. Kita tidak mengurusi bagian yang kosong itu melainkan isinya yang dilihat. Jadi, setiap orang itu pasti punya sesuatu dalam dirinya, jangan dilihat kekurangannya tapi potensinya itu yang harus dikembangkan,” katanya.

Salah satu mahasiswa Sistem Informasi (SI) semester 7 peserta KKN, Nadiya Ramaedar mengatakan pendapatnya apa saja yang harus dipersiapkan sebelum berangkat KKN.

“Pertama yang harus disiapkan adalah ilmu. Ilmu yang akan kita bawa untuk pengabdian pada masyarakat. Bak ilmu agama, ilmmu mmengajar dll. Dan juga mental juga sangat diperlukan untuk menghadapi masyarakat yang jelas banyak karakter didalamnya. Serta perlengkapan pribadi yang dibutuhkan selama dilokasi KKN,” katanya.

Reporter : Wfi, Prn

Editor : Mcr

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

To Top
Kancah Kreativitas Ilmiah