Perpustakaan Canggih di Masa Depan

Foto: Sumber Internet

Perpustakaan merupakan sumber dari segala sumber informasi yang merupakan pusat dari suatu informasi. Kehadiran perpustakaan di tengah masyarakat luas hendaknya dapat dimanfaatkan secara baik dan benar oleh semua lapisan masyarakat Indonesia, baik itu dari kalangan pelajar, mahasiswa maupun masyarakat umum.

Di zaman yang serba modern serta canggih ini, masyarakat dituntut untuk rajin mengunjungi perpustakaan, juga membaca berbagai buku sebagai sumber ilmu pengetahuan.

Setiap perpustakaan daerah di negeri ini sudah dilengkapi oleh berbagai fasilitas teknologi yang sudah canggih serta memadai, seperti tersedianya fasilitas komputer gratis dan didukung internet yang siap dioperasikan sesuai dengan keinginan pengunjung perpustakaan. Di dunia Internasional pada era globalisasi ini, Penulis mengharapkan sekali lagi, agar masyarakat kita perlu didorong lebih kuat agar muncul semangat serta motivasi yang tinggi untuk terus belajar, tanpa mengenal batas waktunya demi peningkatan pengetahuannya.

Saat ini informasi sangat mudah di akses dengan menggunakan jaringan internet kita bisa mencari informasi yang kita inginkan, serta memudahkan kita untuk mencari informasi.  Di era ini perpustakaan sudah berkembang ke bentuk digital yang mana koleksinya berbentuk elektronik, memudahkan kita untuk mengaksesnya sehingga dapat membacanya lewat gawai kita.

Perpustakaan sudah berkembang dengan cepat seiring dengan teknologi yang terus berkembang. Hal ini harus kita sadari bahwa pengetahuan akan terus ada ketika kita terus membaca, di masa yang akan mendatang perpustakaan akan lebih baik lagi yang telah dijelaskan dalam buku yang berjudul “Portal To The Past and To The Future : Libraris in Germany, karya Jurgen Seefeldt dan Ludger Syre yang menjelaskan dalam salah satu babnya, bahwa keberadaan perpustakaan akan tetap abadi. Bentuk perpustakaan umum akan mengalami beberapa kali adaptasi sesuai dengan perkembangan dunia.

Yang harus diketahui perpustakaan sendiri telah mengalami beberapa kali evolusi dalam perkembanganya. Jika semula perpustakaan berfokus pada koleksi pustaka dan layanan, kini telah bergeser pada nilai tambah.

Dengan demikian, perkembangan perpustakaan pada tahapan selanjutnya sangat mungkin terjadi dan bisa diciptakan. Hal ini diperlukan untuk menyesuaikan dengan perkembangan pemustaka dan perkembangan teknologi informasi. Harapanya, berbagai penyesuaian dapat membuat perpustakaan semakin berharga dan memberikan dampak yang semakin besar bagi dunia pendidikan.

Untuk itu, perpustakaan tidak boleh berhenti berinovasi dan menjadi tempat untuk menemukan pengalaman yang lebih kaya bagi pemustakanya. Dengan menjadi perpustakan yang inovatif, perpustakaan akan terus hidup, memberikan pengalaman baru dan menghasilkan nilai tambah bagi orang-orang di sekitarnya dan menjadi paru-paru pengetahuan di dunia pendidikan.

Penulis: Alhadi Nurrosyid (Prodi Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *