Beberapa peserta sedang melakukan Lomba Sidang Semu Antar Jurusan di gedung Academic Centre UIN RF Palembang, Rabu, (8/03/17).Ukhuwahnews/M.Alfin Lubis

UIN-Ukhuwahnews.com | Guna meningkatkan keterampilan Mahasiswa dalam kegiatan (Pelatihan Kemahiran Hukum) PLKH secara teori maupun praktek, Mahasiswa angkatan 2014 Fakultas Syariah dan Hukum menggelar Perlombaan Sidang Semu Antar Jurusan di Universitas Islam Negeri Raden Fatah (UIN RF) Palembang, Rabu, (8/03/2017).

Ketua Pelaksana lomba sidang semu, Mahasiswa Fakultas Syariah semester 6,  Andri Rahadi mengungkapkan, guna menunjang penyelenggaraan lomba Sidang Semu Antar Jurusan tersebut, Fakultas Syariah dan Hukum mengadakan beberapa kerjasama dengan Pengadilan di Palembang.

“Dalam rangka menyelenggarakan Lomba sidang semu, Fakultas Syariah dan Hukum melakukan penandatanganan kerjasama Memorandum of Understanding (MOU) dengan Pengadilan Negeri Kelas IA Palembang, Pengadilan Agama Kelas IA  Palembang, Pengadilan tata usaha negara, dan Pengadilan Militer 1-04 Palembang, di gedung Academic Centre UIN RF,” ujarnya.

Andri Rahadi juga mengatakan bahwa, lomba Sidang Semu ini juga bertujuan untuk meningkatkan semangat kami dalam mengejar target Akreditasi A bagi semua jurusan di Fakultas Syariah dan Hukum UIN RF.

Wakil Dekan I Fakultas Syariah dan Hukum UIN RF, Dr.H.Marsaid,MA selaku penanggung jawab lomba sidang semu mengatakan, PLKH merupakan salah satu agenda perkuliahan di Fakultas Syariah dan Hukum.

“PLKH mempelajari cara membuat draf hukum, draf undang-undang, bagaimana melihat ke pengadilan. Para peserta Lomba telah mengikuti pelatihan kemahiran hukum selama dua bulan intensif . Di didik oleh narasumber praktisi hukum, serta dari hakim pengadilan, mereka dibekali dengan ilmu lalu mengaplikasikannya dilapangan,” ujarnya.

rencananya kedepan kita punya agenda seminar tentang Hikum Islam dan Hukum Negara, kemudian kedepan agenda ini akan semakin lurus akan merebutkan Piala Dekan antar Fakultas Hukum se-Palembang ini bahkan rencananya kami ingin membuat agenda memperebutkan piala rektor Se-Fakultas Syariah dan se-perguruan tinggi yang ada di Sumatera Selatan (Sumsel).

Salah satu peserta lomba sidang semu Fakultas Syariah dan Hukum, Kartini, mengatakan lomba sidang semu antar jurusan di Fakultas Syariah dan Hukum ini berguna untuk meningkatkan pengembangan potensi mahasiswa fakultas syariah dalam praktek sidang.

“Sidang ini sangat menarik dan bermanfaat dan juga meningkatkan percaya diri untuk belajar, setidaknya lulus kuliah bisa menjadi seorang hakim disebuah peradilan. Saya juga berharap agar Fakultas Syariah dan Hukum dapat mengadakan sidang semu selanjutnya,” tuturnya.

Perlombaan Sidang Semu Antar Jurusan Fakultas Syariah dan hukum berlangsung selama dua hari. Adapun jenis hukum yang diperagakan pada lomba ini ada empat peradilan yaitu, pidana, perdata, agama, tata usaha negara. Peserta perlombaan terdapat dari mahasiswa angkatan 2014 yang berjumlah 462 orang. Kelompok yang menang pada lomba ini akan diikutsertakan pada debat hukum yang diselenggarakan oleh Mahkamah Agung (MA) Pusat, di Riau pada bulan Mei 2017.

Reporter : Mal, Rwl.

Editor : Rjb.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

To Top
Kancah Kreativitas Ilmiah