Fakultas Sains dan Teknologi

Pentingnya Gizi 1000 Hari Pertama Kehidupan

Yuli Hartati menyampaikan materinya pada seminar memperingati Hari Gizi Nasional di Akademik Center, Rabu (28/2/18). Ukhuwahfoto/ Melati Putri Ariska.

UIN RF – Ukhuwahnews.com | Seharusnya, gizi diberikan pada periode emas manusia, yaitu 1000 hari pertama kehidupan (pada usia 0-2 tahun). Pemberian asupan gizi sejak lahir, menentukan pertumbuhan dan perkembang anak hingga dewasa.

Dosen Gizi Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Palembang, Yuli Hartati mengatakan, wanita  wajib menjaga keseimbangan gizinya sejak usia remaja.

“Sebelum menjadi seorang ibu, seharusnya wanita sudah sewajibnya menjaga nutrisi dari awal seperti sekarang ini. Karena nutrisi yang seimbang juga menentukan keturunan mereka kelak,” ungkap Yuli pada seminar “Membentuk Generasi Sehat dan Berprestasi (Nutrisi)” di Akademik Center, Rabu (28/2/18).

Yuli menegaskan, betapa pentingnya orang tua memberikan asupan gizi terhadap anak yang baru lahir sampai usianya genap 2 tahun.

Melihat kasus gizi buruk yang diderita masyarakat di suku Asmat, menurut Yuli ada dua macan penyabab hal tersebut. “Penyebab gizi buruk yakni, asupan makanan dan penyakit infeksi,” tuturnya.

Ketua Pelaksana, Suroto mengatakan bahwa kegiatan seminar yang diadakan Forum Mahasiswa Biologi (Formabio) ini bertujuan untuk menambah ilmu tentang gizi, sehingga mampu memilih makanan bergizi dengan baik.

“Dengan adanya kegiatan ini, kami dari panitia menginginkan para peserta memiliki kecintaan pada gizi, serta dalam memilih makanan dan minuman yang bergizi, tidak susah lagi,” ujarnya.

Selain kegiatan seminar memperingati Hari Gizi Nasional, sebelumnya Formabio juga telah mengadakan beberapa perlombaan dengan tema seputar gizi.

 

Reporter : Melati Putri Arsika, Rica Agusti Al- husna

Editor : Alfiansyah

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

To Top
Kancah Kreativitas Ilmiah