Fakultas Ilmu Politik

Peningkatan Kemampuan Ilmiah Lewat Pelatihan Kepenulisan

Penyampain materi tentang kepenulisan dari masing-masing narasumbur dalam “Pelatihan Membuat Karya Tulis Ilmiah dalam 1 Jam” di Aula Fakultas Adab dan Humaniora, Kamis (12/4/18). Ukhuwahfoto / Nur Khotimah.

UIN RF – Ukhuwahnews.com │ Dunia pendidikan bertujuan mengkader orang-orang agar memiliki kemampuan ilmiah, hal ini yang mendasari Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (DEMA-FISIP) Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang (UIN RF) mengadakan acara “Pelatihan Membuat Karya Tulis Ilmiah dalam 1 Jam” di Aula Fakultas Adab dan Humaniora, Kamis (12/4/18).

Dalam rangka meningkatkan kemampuan ilmiah terutama di bidang kepenulisan, narasumber dari Program Studi (Prodi) Ilmu Politik, Erik Darmawan mengungkapkan, kemampuan ilmiah tidak hanya didapat dari pembelajaran di kelas, tapi juga harus dilatih. “Yaitu dengan mengetahui cara-cara kepenulisan,” ungkapnya.

Erik menambahkan, pelatihan ini ditujukan kepada mahasiswa FISIP untuk memberikan cara awal dalam menulis karya ilmiah. “Setelah mereka mengetahui cara tersebut, baru akan dibiasakan dengan cara mengikuti perlombaan, baik tingkat regional maupun nasional, agar kemampuan mereka terserap lebih luas” ujarnya

Selain itu, Ketua DEMAF FISIP, Muhammad Akbar Ramadhoni menambahkan, terbentuknya acara ini,karena banyaknya mahasiswa FISIP yang belum paham terkait penulisan karya ilmiah. “Mulai dari pengklasisfikasian, metode, serta tema dari karya ilmiah itu sendiri,” tambahnya.

Sementara, peserta dari Prodi Ilmu Komunikasi, Ayu Desi menilai, acara ini sangat menarik karena narasumber memaparkan perihal prinsip, jenis, dan golongan karya ilmiah itu sendiri.

“Dengan mengikuti pelatihan ini saya bisa mengetahui teknik yang digunakan dalam penulisan yaitu wawancara, literasi dan obsevasi” ujarnya.

“Serta memberikan saya motivasi untuk mengikuti lomba karya ilmiah agar tidak stuck dalam penulisan,” sambungnya.

Selain Erik Darmawan, pelatihan ini juga mengahadiri narasumber dari Universitas Taman Siswa, Dr. Maulana, M.M. yang membahas metode dan teknik kepenulisan karya ilmiah.


Reporter : Nur Khotimah dan Indra Sucipta

Editor : Alfiansyah

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

To Top
Kancah Kreativitas Ilmiah