Editorial

Pengembaraan” racana Fatahillah- Nyi Mas Gandasan

 

20140225_145445Selasa, (25/2). Kampus Hijau Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Raden Fatah Palembang kedatangan 23 mahasiswa Racana Fatahillah- Nyi Mas Gandasan, Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta. Acara penyambutan dengan menampilkan budaya adat Sumatera Selatan (SumSel)  ini diselenggarakan di gedung Akademik Center IAIN. Dalam rangka menjalin silaturahmi dan study banding kegiatan Pramuka kegiatan tersebut diadakan.

Tidak hanya berkunjung ke IAIN Raden Fatah, namun mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta telah lebih dulu mengunjungi Universitas lain seperti, Universitas PGRI Palembang pada Sabtu (22/2), Universitas Muhammadiyyah Palembang pada (24/2), hari ini di Kampus Hijau, kemudian direncanakan Rabu (26/2) akan melanjutkan ke Universitas Sriwijaya.

Salah satu peserta, Priska Amaliani mahasiswa semester  empat jurusan Bahasa Inggris UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, berterima kasih kepada racana Arung Malaka Raden Fatah karena sambutan yang begitu ramahnya meski baru pertama kali ke Kampus Hijau ini, “kesan pertama saya datang ke IAIN Raden Fatah Palembang, adalah adem. Sesuai dengan julukannya Kampus Hijau. Disini seperti terasa saya sedang berada di Bandung saja. Ditambah lagi dengan mahasiswanya yang menyambut sekali kedatangan kami dengan senyum dan sapaan. Sungguh terkesan Islaminya”. Tuturnya.

Senada dengan Priska, M. Lutfi Nadhif selaku ketua pelaksana kegiatan dari UINl  Syarif Hidayatullah Jakarta mengatakan kekagumannya dengan SumSel, terutama IAIN Raden Fatah. “kagum, Indah Sekali Sumatera Selatan ini dengan budaya nya. Untuk kampus hijau di SumSel ini, sepertrinya memang sesuai dengan kesejukan tempatnya”.

M. Lutfi Nadhif selaku ketua pelaksana kegiatan dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta mengatakan, Kegiatan ini merupakan program tahunan atau angkatan yang sering dilaksanakan oleh UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Selain mempererat silaturahmi , study (wisata, usaha, dan kebudayaan adat) dengan daerah lain, Study banding dengan anggota Pramuka di Universitas lain, kegiatan ini juga sebagai syarat menjadi Pandega di UIN Jakarta.“ kegiatan kami ini disebut Pengembaraan, ini merupakan syarat bagi kami untuk menjadi Pandega”. Ujarnya menambahkan.

M. Ridwan salah satu panitia penyambutan kunjungan Racana Fatahillah- Nyi Mas Gandasan menyampaikan, Kendala persiapan tidak terlalu dirasa oleh panitia meski proposal kunjungan dari UIN Syarif Hidayatullah hanya 2 minggu lalu.  “Meski proposal dari UIN Jakarta baru 2 minggu lalu, tapi alhamdulillah bisa terlaksana dengan baik agenda acara pada hari ini”, ujarnya.

*RARA DAN ELIVON

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

To Top
Kancah Kreativitas Ilmiah