Science

Pengaruh Gerak Bulan Pada Pasang Laut

psang lautPerairan di Indonesia dalam beberapa bulan ini menjadi menakutkan, ombak yang meninggi, angin yang kencang menyebabkan para nelayan berpikir panjang untuk berlayar. Meningginya air atau pasang laut ini juga menyebabkan banjir di Indonesia dan tak kalah menariknya ibukota Negara yaitu Jakarta menjadi kota terparah karena banjir. Adakah kaitan antara kejadian astronomis benda-benda langit terhadap iklim, cuaca dan banjir? Apa penyebab pasang laut ini?

Pasang laut adalah naik turunnya posisi permukaan perairan atau samudra yang dipengaruhi oleh gaya gravitasi bumi dan matahari. Ada tiga sumber gaya yang saling berinteraksi yaitu laut, matahari, dan bulan. Pasang laut menyebabkan perubahan kedalaman perairan dan mengakibatkan arus pusaran yang dikenal sebagai arus pasang, sehingga perkiraan kejadian pasang sangat diperlukan dalam navigasi pantai. Wilayah pantai yang terbenam sewaktu pasang naik dan terpapar sewaktu pasang surut, disebut mintakat pasang.

Penyebab pasang laut

Dalam sebulan, variasi harian dari rentang pasang laut berubah secara sistematis terhadap siklus bulan. Rentang pasang laut juga bergantung pada bentuk perairan dan konfigurasi lantai samudera.

Pasang laut merupakan hasil dari gaya gravitasi dan efek sentrifugal. Efek sentrifugal adalah dorongan ke arah luar pusat rotasi (bumi). Gravitasi bervariasi secara langsung dengan massa tetapi berbanding terbalik terhadap jarak. Meskipun ukuran bulan lebih kecil dari matahari, namun gaya gravitasi bulan dua kali lebih besar daripada gaya tarik matahari dalam membangkitkan pasang surut laut karena jarak bulan lebih dekat daripada jarak matahari ke bumi. Gaya gravitasi menarik air laut ke arah bulan dan matahari menghasilkan dua tonjolan pasang surut gravitasional di laut. Lintang dari tonjolan pasang surut ditentukan oleh deklinasi, sudut antara sumbu rotasi bumi dan bidang orbital bulan dan matahari.

Pasang laut purnama (spring tide) terjadi ketika bumi, bulan dan matahari berada dalam suatu garis lurus. Pada saat itu akan dihasilkan pasang naik yang sangat tinggi dan pasang surut yang sangat rendah. Pasang laut purnama ini terjadi pada saat bulan baru dan bulan purnama.

Pasang laut perbani (neap tide) terjadi ketika bumi, bulan dan matahari membentuk sudut tegak lurus. Pada saat itu akan dihasilkan pasang naik yang rendah dan pasang surut yang tinggi. Pasang laut perbani ini terjadi pada saat bulan seperempat dan tigaperempat.

Pasang laut dan transportasi perairan

Pengetahuan tentang pasang laut sangat diperlukan dalam transportasi perairan, kegiatan di pelabuhan, pembangunan di daerah pesisir pantai, dan lain-lain. Karena sifat pasang laut yang periodik maka ia dapat diramalkan.

Untuk dapat meramalkan pasang laut, diperlukan data amplitudo dari masing-masing komponen pembangkit pasang laut. Seperti telah disebutkan, komponen-komponen utama pasang surut terdiri dari komponen tengah harian. Namun demikian, karena interaksinya dengan bentuk (morfologi) pantai, superposisi antar komponen pasang laut utama dan faktor-faktor lainnya akan mengakibatkan terbentuknya komponen-komponen pasang laut yang baru.

Pada teori banjir, penyebab banjir yang paling menyakinkan adalah ulah tangan manusia sendiri. Semua orang sudah tahu bahwa banjir itu disebabkan kelalaian manusia yang tidak bertanggung jawab dengan lingkungannya, membuang sampah sembarang di sungai, penebangan pohon yang melebihi batas, dan pembukaan lahan perkubunan yang berlebih di hutan-hutan dan akibatnya adalah banjir itu sendiri. Dan banjir dapat diatasi dengan persahabatan dengan alam yaitu menjaga alam itu sendiri, tidak merusaknya. Dan mulai darinsekarang kita harus go green, peduli pada lingkungan.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

To Top
Kancah Kreativitas Ilmiah