Musisi jalanan sedang naik pentas pada kegiatan pedestrian sudirman, Sabtu (01/04/2017) di Jalan Jendral Sudirman. Foto : obi/ukhuwahnews.com

Palembang-Ukhuwahnews.com | Suhu malam itu cukup dingin untuk membangunkan bulu kuduk, suasana riuh, lampu gemerlapan menghiasi malam kota Palembang. Berbagai macam seniman hadir, masyarakatpun tumpah ruah meramaikan pedestrian sudirman, Sabtu (01/04/2017).

Seperti yang telah diwartakan Portal Berita Ukhuwahnews.com pada Rabu Malam (22/03/2017), Pedestrian Sudirman merupakan salah satu program Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang dengan memanfaatkan bahu jalan Jendral Sudirman. Kegiatan ini  bertujuan untuk mengembangkan potensi wisata di Kota Palembang dalam rangka menyambut Asian Games pada 2018. Pedestrian telah dibuka pada awal bulan Maret langsung oleh Walikota Palembang, H. Harnojoyo.

Pedestrian sudirman diisi dengan kumpulan seniman jalanan, mulai dari musik, lukis, sampai ke pecinta sejarah Palembang. Kegiatan ini hanya dilaksanakan dua kali dalam sepekan pada malam hari, yaitu jumat malam dan sabtu malam. Tidak hanya itu, berbagai jajanan pun turut menjadi pelengkap di kegiatan itu.

Ditambah lagi, tidak adanya biaya yang harus dikeluarkan masyarakat, baik untuk masuk menyaksikan acara, maupun ingin belajar alat musik dan bernyanyi sendiri bersama seniman jalanan yang ada di acara pedestrian Sudirman ini. Dengan adanya acara pedestrian seperti inilah, masyarakat dapat menikmati indahnya kota Palembang, baik bersama teman, maupun dengan keluarga sendiri pada waktu malam hari.

Satpol PP Cantik dan Cakep

Beberapa pengunjung terlihat akrab, berfoto bersama Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pariwisata pada kegiatan Pedestrian Sudirman, Sabtu (01/04/2017) di Jalan Jendral Sudirman. Foto : eza/ukhuwahnews.com

Berseragamkan biru terang berpadu corak motif palembang, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pariwisata turut bercampur bersama masyarakat. Menjadi daya tarik dan pusat perhatian serta informasi di Pedestrian tersebut. “Kami sengaja menggunakan seragam ini agar masyarakat tidak sungkan dan segan untuk bertanya kepada kami tentang apa saja yang ditawarkan di Pedestrian ini,” ungkap Novita, salah satu petugas Pol PP cantik saat diwawancara crew ukhuwahnews.com. Menurutnya dengan seragam yang indah dapat memberikan kesan ramah bagi kalangan masyarakat, agar lebih akrab dan lebih dekat.

“Senang sekali rasanya bisa menjadi penghibur warga palembang setelah sepekan beraktivitas,” kata dia tertawa lembut.

Pengamen Jalanan Diuntungkan

Pengamen jalanan turut memeriahkan Pedestrian Sudirman sembari mencari uang pada Sabtu (01/04/2017) di Jalan Jendral Sudirman. Foto : obi/ukhuwahnews.com

Selain seniman jalanan, ada beberapa pengamen yang juga naik pentas pada pedestrian ini. Adanya program ini sangat menguntungkan bagi mereka, karena tidak susah payah harus berjalan dari tempat satu ke tempat lainnya. “Sangat bagus sekali, karena ada tempat bagi kami untuk setidaknya menghibur masyarakat palembang sembari mengumpulkan uang,” kata Anto si pengamen jalanan.

Reporter : obi

Editor : rjb

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

To Top
Kancah Kreativitas Ilmiah