Pemira Demau Sepi Partisipasi Mahasiswa

Suasana Pemilihan Raya (Pemira) Demau UIN Raden Fatah Palembang, di Lapangan Basket, Kamis (27/12/2018)./doc. Ukhuwah.

UIN RF – Ukhuwahnews.com | Pemilihan Raya atau Pemira Dewan Eksekutif Mahasiswa Universitas (Demau) Universitas Islam Negeri Raden Fatah (UIN RF) Palembang, sepi partisipan.

Sepinya partisipasi mahasiswa, dikabarkan karena waktu pelaksanaan Pemira yang bertepatan dengan usainya Ujian Akhir Semester (UAS). Mengenai hal itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum Mahasiswa (KPU-M), Satria Prima menjelaskan, waktu diadakannya Pemira sudah ada kesepakatan dengan rektorat.

“Pemira hari ini sudah ada kesepakatan dengan rektorat, bahwa tanggal 27 Pemira  harus dilaksanakan. Partisipasi mahasiswa memang sedikit kurang, ketika libur mereka seakan-akan tidak peduli dengan adanya Pemira dan bisa dibilang apatis. Padahal kami (KPU-M) dan pihak Rektorat sudah melakukan sosialisasi melalui web dan kampanye,” ujar Satria di Lapangan Basket UIN RF, kemarin (27/12/2018).

Di samping itu, Dona Almira selaku Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) UIN RF Palembang 2018, mengatakan hal yang sama. Menurutnya mahasiswa untuk Pemira tahun ini sangat tidak antusias.

“Parah sih, kalau untuk tahun ini antusias dari mahasiswa ini parah. Padahal tiap tahun Pemira diadakan, agar mahasiswa UIN RF menentukan pemimpinnya. Tapi Alhamdulilah, acara hari ini berjalan dengan lancar,” katanya.

Menanggapi itu, menurut salah satu mahasiswa Psikologi, Shafira Balqis, sepinya antusias mahasiswa untuk pemira tahun ini bukan karena kurangnya sosialisasi tapi memang masa kuliah sudah memasuki waktu libur, dan semua calon menyandang aklamasi.

“Terlebih lagi mahasiswa terkesan cuek terhadap pemira padahal sudah dilakukan sosialisasi berkali-kali. Harapan untuk pemira kedepan untuk lebih sportif, aktif dan kritis,” harap Shafira.

 

Reporter : Indra Sucipta, Yuni Rahamawati

Editor : Wilfi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *