Artikel

Pemanfaatan Teknologi Komunikasi Dalam Berkampanye

Penulis : Theresia Devi Monica

Seiring berjalannya waktu, perkembangan teknologi sudah mulai berkembang dari masa ke masa. Banyak sekali pembaharuan teknologi yang kita rasakan di jaman sekarang yang bertujaan untuk mempermudah perkerjaan manusia. Perkembangan teknologi di Indonesia sudah seperti tiada akhirnya, sudah banyak waktu yang kita habiskan bersama teknologi dan tanpa disadari teknologi sudah menjadian bagian yang tak terpisahkan dalam kehidupan kita sehari-hari.

Perkembangan teknologi merupakan bagian terpenting dalam kemajuan setiap Negara karena dengan teknologi memberikan pengaruh besar untuk beberapa aspek seperti Pendidikan, Sosial, Politi, Ekonomi, Penelitian, dan lain-lain.

Teknologi merupakan suatu cabang antropologi budaya yang berhubungan dengan studi terhadap kebudayaan materi. Jika di lihat seperti sekarang ini perkembangan teknologi sudah semakin meningkat, apalagi teknologi komunikasi yang berada di Indonesia sudah semakin meningkat, dengan adanya teknologi informasi dan komunikasi hal tersebut bisa membuat kita lebih mudah untuk belajar dan mendapatkan informasi dari mana saja, kapan saja, dan dari siapapun.

Dijaman seperti sekarang ini setiap orang sudah menggunakan teknologi mulai dari kalangan atas sampai ke kalangan bawah, dari masyarakat perkotaan sampai kemasyarakat pendesaan, dari orang tua sampai ke anak anak sekalipun,  semuanya sudah memegang teknologi, dan teknologi yang banyak dipergunakannya adalah teknologi informasi seperti smartphone, laptop, dan lain-lain. Apapun dan dimana pun orang-orang sekarang sudah menggunakan teknologi untuk mempermuda perkerjaan mereka.

Lembaga  riset telah  mengatakan bahwa Indonesia telah tercatat sebagai peringkat ke lima dalam penggunaan teknologi informasi berupa smarphone. Hal ini membuktikan bahwa masyarakat indonesia sudah tidak bisa terlepas dari teknologi informasi seperti smartphone, bahkan bisa dikatakan smartphone di indonesia telah menjadi dari daging bagi masyakat indonesia.

Memang dengan berkembangnya teknologi informasi pada saat ini, banyak orang yang menggunakan media sosial dan sering kali media sosial ini gunakan oleh para politikus untuk bertemu dan menyampaikan pendapat  dengan masyarakat tanpa harus bertatap muka, dan aspresiasi masyarakat dapat di tampung melalui sosial media itu sendiri.

Perkembangan teknologi komukasi dalam dunia politk itu sendiri dipergunakan untuk mepermudah para politikus melakukan kampanye melalui media sosial yang penggunaanya tanpa perlu melakuakan tatap muka ataupun  bertemu langsung dengan masyarakat.  karena  Untuk mencapai tujuan politiknya tentunya para politikus perlu melakukan kegiatan komunikasi agar tujuannya bisa tercapai dan akhirnya para politikus memelih berkomunikasi dengan menggunakan smartphone, agar informasi yang di akses lebih cepat dan efisien.

Dengan penggunaan smartphone dan perkembangan teknologi informasi di Indonesia yang meningkat terus menerus, apalagi pada suasana pemilihan preseden dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), hal itulah yang membuat para polotikus berkampanye melalui media sosial yang di gunakan masyarkat indonesia seperti facebook, intagram, twitter, website, adapun blog pribadi yang bisa diakses semua orang, hal ini mempermudah bagi para calon untuk melakukan kampanye lewat sejaring sosial yang sudah berkembang di indonesia ini.

Sebagian dari para tim sukses calon presiden maupun DPR  juga melakukan kampanye di sosial media, bahkan ada juga para tim sukses menjahtuhkan lawannya dengan cara menyebar berita hoax disosial media, karena dengan berkembangan teknologi informasi maka berkembang pula berita hoax atau berita yang belum pasti kebenaraanya yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab, termasuk dari para tim sukses yang ingin menjatuhkan lawan calonnya dan memenangkan calonya.

Memang pada saat ini  Indonesia menduduki peringkat kelima dalam penggunaan teknologi dan sosial media namun tidak semua orang melek akan informasi berupa berita hoax maupun  bukan hoax, orang-orang awam cenderung tidak memperdulikan akan kebenaran berita, mereka hanya akan percaya pada satu sumber.  Hal tersebutlah yang membuka kesempatan bagi para tim sukses suatu partai politik melakukan kampanye dengan  menyebarkan berita hoax untuk menjatuhkan lawannya. dengan penyebaran berita hoax yang bertujuan untuk menjatuhkan lawannya para tim sukses ataupun partai politik mampu merubah mindset seseorang, yang awalnya baik menjadi buruk. Dan itu susah untuk dikembalikan seperti semula, karena sudah teracuni oleh berita berita yang belum pasti akan kebenarannya.

Dengan kampanye yang tidak sehat seperti itulah yang membuat kita harus melek akan informasi yang telah kita dapatkan, kita harus mempertimbangkan beberapa berita yang disebarkan melalui sosial media pada saat sekarang ini agar kita tidak salah memilih.

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi tidak bisa kita hindarkan, karena kemajuan teknologi selalu berjalan seiring dengan berkembangannya ilmu pengetahuan. inovasi baru selalu berdatangan dan memberikan hal positif bagi kita semua. namun dengan teknologi yang berkembang ini juga mampu memberikan keburukan jika kita salah dalam penggunaanya dan jika yang menggunakan adalah orang yang bertangan jahil ataupun ada niatan buruk. Itu semua tergantung pada campur tangan orang yang di dalamnya.

 

TDM

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

To Top
Kancah Kreativitas Ilmiah