Ombudsman Sebagai Jembatan Antara Masyarakat dan Penyelenggara Publik

Gubernur Sumsel, H. Herman Deru saat menghadiri acara peresmian Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Selatan di Jalan Radio, 20 ilir Palembang, Kamis (14/3/19). Ukhuwahfoto/Raenal Fikri.

Palembang – Ukhuwahnews.com | Sebagai lembaga negara dibidang pengawasan layanan publik, Ombudsman Republik Indonesia (RI) meresmikan gedung baru perwakilan Sumatera Selatan (Sumsel) di Palembang, Kamis (14/3/19). Gubernur Sumsel, H. Herman Deru mengatakan, adanya Ombudsman RI semoga mampu menjembatani antara masyarakat dan penyelenggara publik di daerah.

“Dalam hal tersebut, mampu menerima penyampaian berbagai keluhan yang dirasakan oleh masyarakat terkait kinerja pelayanan publik,” tuturnya dalam sambutan.

Selanjutnya, Herman Deru menyarankan Ombudsman agar membuka pintu kantor seluas-luasnya untuk menerima keluhan dari masyarakat.

“Pastikan tidak ada kesalahan administrasi maupun pelayanan, dan saya mengimbau untuk ramah-ramahlah dalam melayani masyarakat,” lanjutnya.

Sementara itu, ketua Obudsman RI, Prof. Amzulian Rivai, S.H LLM, Ph.D menegaskan, pelayanan publik garda terdepannya adalah Aparatur Sipil Negara (ASN), sedangkan Ombudsman sebagai good governance.

“Maksudnya, tugas dari Ombudsman itu memastikan bahwa birokrasi berjalan dengan baik. Dan saya berharap lembaga ini dapat menekan dan menghindari terjadinya praktik korupsi, kolusi dan nepotisme di dalam layanan publik di suatu daerah,” tegasnya.

Kendati demikian, acara tersebut juga sebagai perayaan hari jadi Ombudsman yang ke-19 tahun. Kemudian, Ombudsman juga menggelar berbagai acara seperti, Seminar International, Lomba Mading tingkat SMA se-Sumsel, Lomba Fotografi untuk umum, dan Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) tingkat Mahasiswa se-Sumsel.

 

Reporter: Raenal Fikri, Auteria Juniarti

Editor: Melati Arsika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *