Fakultas Ushuluddin & Pemikiran Islam

Ngopi, Diskusi Ala Mahasiswa Prodi AFI

Terlihat beberapa mahasiswa Program Studi AFI sedang melakukan diskusi di ruang kelas Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam. Ukhuwahfoto/Metriwati

UIN RF-Ukhuwahnews.com | Terobosan baru dilakukan Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam, Program Studi (Prodi) Aqidah Filsafat Islam (AFI) Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang (UIN RF)  dengan menyelenggarakan kegiatan Ngobrol Perkara Ilmiah  (Ngopi) setiap dua minggu sekali.

Kegiatan Ngopi sudah dimulai sejak awal September 2017 lalu. Kegiatan ini pertama kali digagas oleh Dwi Febrianti, mahasiswi Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam Prodi AFI.

“Ide pertama Ngopi untuk Prodi AFI ini merupakan ide saya, karena waktu itu kebetulan sedang booming tentang Filosofi Ngopi,” jelas Dwi.

Menurut Dwi, kegiatan Ngopi merupakan salah satu kegiatan yang masih bertahan di Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) AFI. “Ngopi ini merupakan salah satu cara agar teman-teman AFI lebih kreatif dan lebih terbuka wawasannya dari segi diskusi,” lanjut Dwi.

Dwi Febrianti menambahkan bahwa pada kegiatan Ngopi penyelenggara benar-benar menyediakan kopi dan berbagai snack untuk para peserta yang hadir.

“Kalau hanya mendengarkan pemateri, buka buku itukan sama seperti kuliah. Makanya kami menyediakan minuman dan makanan agar mereka bisa lebih santai dan juga bisa lebih akrab dengan teman-teman yang lain,” jelas Dwi ketika ditemui di depan Ruang Ibnu Sina, Jumat (2/3/18) lalu.

Pemateri Ngopi Nuraini, M. Hum, menanggapi secara positif mengenai kegiatan tersebut.

“Kegiatan Ngopi ini bagus, perlu ada banyak lagi kegiatan serupa apa lagi di  jurusan AFI,” ujarnya.

Menurut Nuraini, lewat diskusi mahasiswa dapat belajar banyak hal, diskusi membuka wacana berfikir, diskusi membuat mahasiswa tidak sempit dalam belajar menerima hal-hal baru. Diskusi juga mengeratkan mahasiswa satu sama lain serta dapat jadi tempat untuk meluapkan ide-ide yang ada di kepala.

Sekretaris Jendral Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) 2016, M. Rio Pratama juga berharap kegiatan Ngopi ini tetap berlangsung untuk angkatan selanjutnya serta setiap jurusan memiliki diskusi semacam Ngopi.

“Kami berharap seluruh elemen khususnya Mahasiswa Prodi AFI bisa mendukung dan membantu kegiatan ini agar kedepannya tetap konsisten diadakan. Semestinya bukan hanya Jurusan AFI saja yang mempunyai kegiatan diskusi seperti ini. Karena kita sadari membaca dan berdiskusi adalah ruhnya mahasiswa,” ujar Rio.

Reporter: Metriwati

Editor: Muhammad Rajab

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

To Top
Kancah Kreativitas Ilmiah