Fakultas Ilmu Politik

MOC Mongabay : Menjangkau Dunia Lewat Sosial Media

Pemaparan materi oleh Media Outreach Coordinator (MOC) Mongabay Indonesia, Akhyari Hananto dalam workshop bertema “Literasi Digital : Sosial Media untuk Penyebaran Isu Lingkungan” di Pascasarja Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang (UIN RF), Selasa (2/5/18). Ukhuwahfoto/ Amin Q.F.

UIN RF – Ukhuwahnws.com | Di era revolusi dunia Informasi saat ini, setiap individu seharusnya memaksimalkan fungsi sosial media untuk menjangkau jutaan orang di dunia, yaitu dengan membagikan suatu hal yang lebih bermanfaat.

Penyataan tersebut disampaikan oleh Media Outreach Coordinator (MOC) Mongabay Indonesia, Akhyari Hananto dalam workshop bertema “Literasi Digital : Sosial Media untuk Penyebaran Isu Lingkungan” di Pascasarja Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang (UIN RF), Selasa (2/5/18) lalu.

Dalam workshop tersebut, Akhyari mengungkapkan, pengguna sosial media di Indonesia saat ini telah mencapai 650 juta jiwa. Namun menurutnya, sebagian besar pengguna tersebut tidak memanfaatkan media sosial sebaik mungkin.

“Dari 32% postingan instagram orang di Indonesia, lebih banyak berisi  foto selfie atau gambar makanan. Tidak berdosa memang, tapi tidak begitu bermanfaat,” ungkapnya.

Terkait persentase tersebut, Akhyari menyesalkan. Menurutnya, Indonesia memiliki banyak ekosistem yang tidak dimiliki oleh negara lain. “Seperti halnya Australia. Di negara ini, tidak memiliki satupun spesies harimau dan gajah, sedangkan Indonesia memiliki tujuh spesies kangguru. Seharusnya ini dapat dieksplor melalui media sosial,” tuturnya.

Sementara, Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan ilmu Politik sekaligus Ketua Pelaksana, Miftah Farid menuturkan, saat ini lebih banyak anak muda mengikuti trend dan mengeksiskan diri dalam bersosial media. “Padahal, seharusnya media sosial digunakan dengan kreatifitas yang memberi efek baik terhadap isu lingkungan,” pungkasnya.

 

Reporter : Fitria, Syarifah A

Editor : Alfiansyah

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

To Top
Kancah Kreativitas Ilmiah