Universiana

Menteri Agama Minta Kampus UIN RF Jadi Pusat Peradaban Ilmu

Penandatanganan batu prasasti oleh Menteri Agama RI, Lukman Hakim Syaifudin dalam Groundbreaking atau peletakan batu pertama kampus B UIN RF di Jakabaring Palembang. Rabu (31/10/18). Ukhuwahfoto/ Theresia Devi Monica

Palembang – Menteri Agama Repulik Iindonesia, Lukman Hakim Syaifuddin meletakkan batu pertama pembangunan Kampus B Universitas Islam Negeri Raden Fatah (UIN RF) Palembang di Jakabaring, Sumatera Selatan.

Alumni Universitas Islam As-Syafiyah itu meminta dengan berdirinya Kampus B UIN Raden Fatah ini, pendidikan islam berkembang di Sumatera Selatan dan memberikan sumbangsihnya dalam menata kehidupan dan membangun peradaban dunia.

“Kita inginnya bersinergi dengan warga dunia, dan pembangunan Gedung B ini merupakan wujud sinergi itu sendiri,” ujar Lukman, Rabu (31/10/2018)

Dia juga berharap dengan berbenahnya fasilitas di Kampus Islam ini bisa meningkatkan kemampuan sumber daya manusia, sehingga bisa bersaing dengan kampus-kampus yang sudah berkembang lainnya.

“Kita ingin serius membangun pendidikan islam di Indonesia, ya awalnya kita benahi dulu fasilitasnya,” lanjutnya.

Di tempat yang sama, Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru mendukung permintaan Kemenag Lukman Hakim yang ingin menjadikan kampus UIN Raden Fatah menjadi pusat peradaban pendidikan islam terutama di Sumatera Selatan.

Dia juga meminta kepada pihak pengembang ikut menyukseskan rencana besar itu dengan menjaga kualitas bangunan.

“Saya harap para kontraktor bekerja dengan memikirkan kualitas, jangan sampai apa yang dibanggakan rakyat Sumsel itu terganggu dengan kualitas yang tidak teruji” ujar Herman Deru.

Sebelumnya dari data humas UIN Raden Fatah, Pembangunan Kampus B UIN Raden fatah Palembang ini dikerjakan di atas lahan seluas 35 hektar. Pada lahan itu, akan dibangun sembilan gedung, dengan rincian sebagai berikut, Kantor Pusat Administrasi (KPA), Laboratorium terpadu, Perpustakaan Pusat, Fakultas Sains dan Teknologi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, dan Fakultas Psikologi.

“Pembangunan gedung baru ini dimulai 16 Oktober 2018 dan akan selesai 16 bulan ke depan,” jelas Rektor UIN Raden Fatah Palembang, Sirozi.

 

Reporter : Fitria, Syarifah, Uci, Widya

Editor : Fitria

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

To Top
Kancah Kreativitas Ilmiah