Bersih- Terlihat beberapa Anggota Mapala sedang melakukan pembersihan Daerah Aliran Sungai (DAS), Kecamata Kemuning Palembang , dalam rangka Peringatan Hari Air Sedunia, Minggu (26/3/17). Ukhuwahnews/Alfiansyah

UIN-Ukhuwahnews.com | Guna menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam pemeliharaan air. Unit Kegiatan Mahasiswa Khusus Pencinta Alam (UKMK Mapala) Universitas Islam Negeri Raden Fatah (UIN RF) Palembang mengadakan peringatan Hari Air Sedunia, Minggu (26/03/17).

Ketua Pelakasana Peringatan hari air sedunia UKMK Mapala, Fahmi  Urmari mengungkapkan bahwa, kegiatan pembersihan di Daerah Aliran Sungai (DAS), Kecamatan Kemuning Palembang ini, dapat menyadarkan masyarakat akan  pentingnya menjaga lingkungan di sekitar sungai.

“Kegiatan ini semoga dapat menyadarkan masyarakat akan pentingnya kebersihan lingkungan di sungai. Selain itu, hal ini berguna agar cadangan air bersih tetap dilerlestarikan,”  ujarnya.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Unit Pelaksana Teknis Dinas Badan Lingkungan Hidup (UPTD-BLH) Kecamatan Kemuning, Taswin mengatakan bahwa, kegiatan ini harus mendapatkan dukungan penuh dari pihak masyarakat dan lapisannya. Demi menjamin kebersihan lingkungan, khususya di sekitaran sungai.

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan yang diadakan oleh pihak mepala ini, namun masyarakat harus mendukung penuh  kegiatan ini,” ujarnya.

Taswin juga menambahkan, kedepannya kegiatan pembersihan lingkungan ini dapat menjadikan Kota Palembang menjadi lebih bersih. Sehingga sungai-sungai yang ada di Kota Palembang dapat menjadi salah satu destinasi Pariwisata.

“Masyarakat harus menyadari pentingnya menjaga air. Ditambah lagi, Palembang akan menghadapi Asian Games 2018, sehingga dapat dijadikan salah satu destinasi wisata,” tambahnya.

Salah satu warga dari Kecamatan Kemuning, Ida Laila mengungkapkan bahwa ia sangat terkesan dengan kegitan yang diadakan oleh Mapala UIN RF. Menurutnya, dengan hal ini masyarakat dapat sadar akan pentingnya kebersihan di sekitaran sungai.

“Bagus, ibu senang dengan kegiatan itu. Masyarakat bisa berfikir, anak-anak saja bisa membersihkan, sedangkan mereka kenapa tidak,” jelas Ida.

Ida berharap, dengan kegiatan ini dapat memabantu masyarakat  dalam menanggulangi banjir serta masyarakat tidak akan kembali mengulang kebiasaan membuang sampah ke sungai.

“Jadi, kalo bukan dari kegiatan ini, kapan lagi mereka akan sadar,” tutupnya.

Dalam kegiatan peringatan Hari Air Sedunia, Mapala berkerjasama dengan Dinas Kebersihan dan Lingkungn Hidup (DKLH) Kota Palembang. Selain itu, juga didukung oleh pihak Kecamatan Kemuning Palembang. Kegiatan tersebut merupakan program kerja pertama Mapala periode 2017.

 

Reporter: Afs, Oba

Editor: Rjb

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

To Top
Kancah Kreativitas Ilmiah