Health

Mahasiswa UIN RF di Bawah 19 Tahun Divaksin Difteri

Salah satu Mahasiswa UIN Raden Fatah (UIN RF) Palembang divaksin oleh petugas vaksin di Gedung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN RF Palembang, (23/4/2017). Ukhuwahfoto/Ist

UIN RF – Ukhuwahnews.com | Universitas Isam Negeri Raden Fatah (UIN RF) Palembang melaksanakan Outbreak Respon Immunization (ORI) dengan melakukan vaksin wajib bagi mahasiswa usia di bawah 19 tahun secara gratis sebagai pencegahan penularan penyakit difteri.

ORI merupakan respon pemerintah terhadap kejadian Luar biasa (KLB)  karena wabah difteri yang mewabah di Indonesia. Sedangkan kegiatan vaksinasi adalah  program dari pihak Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan UIN RF  melakukan kerjasama dengan PUSKESMAS Skip Palembang dalam penyelenggaraan kegiatan tersebut.

Wakil Dekan III Fakultas Sains dan Tekhnologi Syarifah S.Si, M.Kes mengatakan vaksinasi yang biasanya dilakukan pada balita kini berlaku juga pada usia dibawah 19 tahun. “Sebab imunitas yang dimiliki masih rendah jadi rentan terserang penyakit difteri,” ujarnya.

Hj. Robiatul S. Kep, M.Kes juga menegaskan penyebab mewabahnya penyakit difteri dikarenakan kurangnya kesadaran orangtua untuk melakukan imunisasi terhadap anaknya saat usia dini, “Kalau dahulu anak-anak kecil usia dibawah 1 tahun ibunya biasa membawa ke posyandu dan mendapatkan imunisasi difteri efeknya beberapa puluh tahun terakhir tidak ada lagi kasus difteri, tetapi sekarang muncul dengan tiba-tiba. Nah berarti difteri muncul akibat menurunnya tingkat kesadaran untuk imunisasi,” ujarnya.

Sebelum pelaksanaan vaksinasi dilakukan, UIN RF melakukan  sosialisasi terlebih dahulu disetiap fakultas pada pekan kemarin, kemudian dimulai sesuai jadwal yang telah ditentukan. Yakni pada Senin (23/4) diawali oleh Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, dilanjutkan Selasa (24/4) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Rabu (25/4) Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam, Fakultas Sains dan Teknologi serta Fakultas Psikologi, Kamis (26/4) Fakultas Syariah dan Hukum bersamaan Fakultas Adab dan Humaniora, terakhir Jum’at (27/4) Fakultas Dakwah dan Komunikasi serta Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Panitia penyelenggara kegiatan vaksinasi berharap wabah difteri dapat dimusnahkan dan menyarankan mahasiswa UIN RF usia dibawah 19 tahun untuk melakukan vaksinasi guna menimalisir penularan serta terhindar dari penyakit difteri.

 

Reporter : Melati Putri Arsika, Indra Sucipta.

Editor : Alfiansyah

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

To Top
Kancah Kreativitas Ilmiah