Fakultas Dakwah & Komunikasi

Mahasiswa Takut Disuntik Imunisasi Difteri

Dokter sedang menyuntik vaksin difteri pada mahasiswa di Ruang Laboratorium Lantai  4  FDK UIN RF Palembang jumat,  (27/4/18). Ukhuwahfoto/Siti Wijaya

UIN RF-Ukhuwahnews.com | Walaupun sosialisasi sudah diumumkan melalui web Universitas Islam Negeri Raden Fatah (UIN RF) Palembang, Radio Fatwa. Hal itu belum cukup menarik antusias Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) untuk mendapat vaksin difteri.

Dosen Dakwah dan Komunikasi Suryati mengatakan, efek dari vaksinasi ini sampai hari tua nanti sangat sayang untuk dilewatkan. “Tapi sayang vaksinansi di ruang munaqosah kurang menarik antusias mahasiswa, karena takut disuntik,” ujarnya.

Imunisasi diadakan selama satu hari, yang mendapatkan vaksinasi yakni mahasiswa tahun 2017 berusia maksimal 19 tahun sesuai anjuran dari Dinas Kesehatan. “Jadi kalau sudah semester 4 keatas tidak mampu lagi untuk di imunisasi karena sudah mempunyai kekebalan tubuh tersendiri,” tambahnya.

Namun tidak hanya Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi saja yang mengikuti imunisasi difteri ini tetapi ada juga mahasiswa dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP).

Mahasiswa Ilmu Komunikasi yang mengikuti imunisasi difteri Dewi Sekartajih mengaaku, mengetahui informasi imunisasi difteri dari kepala program studi ilmu komunikasi, “awalnya kami di beri informasi bahwasanya bagi mahasiswa/i yang umurnya dibawah 18 tahun untuk melakukan imunisasi di FDK,” ujarnya.

Dewi Sekartajih menyayangkan mahasiswa yang tidak ikut imunisasi, “untuk teman-teman yang tidak ikut imunisasi sangat disayangkan apalagi ini kan gratis. Lebih enak mencegah penyakit dari pada mengobati, kalau sakit disuntik itu pasti sakit tapi gimana namanya juga untuk mencegah penyakit,” pungkasnya.

Senada dengan Dewi Sekartajih, Hidayatullah Mahasiswa Komunikasi Penyiaran Islam Semester 2 juga merasa rugi jika tidak ikut. “Sebenarnya, karena itu demi kebaikan diri sendiri, dan lagi pula itu gratis tanpa ada pungutan biaya sedikitpun,” ujarnya.

Imunisasi difteri dilaksanakan pada jumat,  (27/4/18)  di Ruang Laboratorium Lantai  4  FDK.  Vaksinasi difteri juga dilakukan pada setiap fakuktas yang ada di UIN RF, dilaksanakan secara bergilir. Yang terlibat saat vaksinasi hanya dokter beserta perawat yang sudah disiapkan dari Dinas Kesehatan dengan bekerja sama bersama dengan Puskesmas Sekip.

Reporter: Siti Wijaya, Melati Arsika

Editor: Muhammad Rajab

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

To Top
Kancah Kreativitas Ilmiah