Mahasiswa PMI 2016 Bagikan Takjil di Sekitar Jalanan Palembang

Salah satu anggota baksos bagikan Takjil pada tukang sampah di pinggri jalan. Sumber: IST.

Palembang – Ukhuwahnews.com | Sebagai bentuk meningkatkan rasa syukur kepada Allah di bulan Ramadan ini, Mahasiswa Pengembangan Masyarakat Islam (MPI 2016) UIN Raden Fatah Palembang, lakukan bakti sosial (baksos) membagikan takjil di pinggiran jalanan Palembang.

“Selain syukur, kami juga ingin meningkatkan rasa empati sosial, melatih pola pikir untuk selalu berfikir positif, menghindari dari sifat kikir dan untuk membangun budaya tolong-menolong terhadap sesama manusia,” ujar Ketua Pelaksana Baksos,  Nurpa Dwiyana Halimah.

Lebih lanjut, Nurpa mengatakan, takjil tersebut berupa nasi kotak yang dibagikan pada orang-orang yang membutuhkan. “Seperti tukang becak yang sudah lanjut usia, tukang parkir, pemulung, pengemis, tukang sapu jalanan, dan lain-lain,” imbuhnya.

Adapun tujuan mereka memilih orang-orang tersebut, karena mereka bekerja sering kali di pinggir jalan. “Maka dari itu, kami satu kelas berfikir untuk membagikannya disana,” pungkasnya.

Salah satu panitia baksos, Wira Wansah mengaku senang terlibat pada kegiatan tersebut. Menurutnya, kegiatan itu dapat memberikan pelajaran untuk saling berbagi, walaupun dari mereka sendiri belum tentu berkecukupan.

“Itulah nikmatnya, apalagi berbagi di bulan Ramadan ini, tentunya akan meningkatkan pahala kita sendiri dan yakinlah semua itu akan mendapatkan balasan yang besar dari Allah Swt.,” tuturnya.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Rabu (22/5/19), kata Wira, bukan untuk suatu ketenaran, untuk telihat kaya dan juga terlihat baik di mata orang lain. Baginya, itu merupakan wadah untuk belajar tentang keikhlasan.

“Kami ikut berpartisipasi karena kita sesama adalah umat beragama yang  wajib untuk saling berbagi, apa lagi untuk kebaikan diri kita sendiri dan orang lain,” jelasnya.

 

Kontributor: Nurpa Dwiyana Halimah

Editor: Melati Arsika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *