Mahasiswa FITK UIN RF Laksanakan Praktek Manasik Haji

Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang angkatan 2016 sedang berkumpul mempersiapkan praktek manasik haji di Asrama Haji, Sabtu (9/3/19). Ukhuwahfoto/Siti Wijaya.

UIN RF – Ukhuwahnews | Sebagai calon pendidik, Mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Universitas Islam Negeri Fatah (UIN RF) Palembang melaksanakan Praktek Manasik Haji di Asrama Haji, Sabtu (9/3/19). Praktek tersebut menjadi materi pilihan pada Program Kerja Praktikum Ibadah Kemasyarakatan Laboratorium.

“Output dari mahasiswa ini nantinya akan menjadi calon pendidik. Salah satu dari materi yang ada di sekolah baik itu dari Taman Kanak-kanak sampai Sekolah Menengah Atas bahkan Perguruan Tinggi, mempelajari tentang manasik haji,” kata Ketua Praktikum Ibadah Masyarakat Khusus Angkatan 2016, Muhammad Ramadhani kepada Ukhuwahnews.

Selain itu, Ramadhani menjelaskan, kegiatan praktek yang dikhususkan mahasiswa FITK angakatan 2016 tersebut, bertujuan sebagai bentuk latihan dan belajar mengenai haji dan umroh yang sebenarnya.

“Jadi, dengan adanya pembekalan di bangku kuliah ini, insya Allah ketika mereka di lapangan nanti sudah tidak ada masalah lagi dan sudah siap untuk menjadi pembimbing manasik haji untuk para siswa dan mahasiswa bahkan masyarakat,” jelasnya.

Selanjutnya, Ramadhani menambahkan, dalam Praktek tersebut diikuti oleh 1011 mahasiswa FITK dan terbagi dalam tiga kloter.

“Yang pertama terdiri dari mahasiswa Pendidikan Agama Islam (PAI), kloter kedua terdiri dari mahasiswa: Pendidikan Kimia, Pendidikan Biologi, Pendidikan Fisika, Pendidikan Bahasa Arab, dan Manajemen Pendidikan Islam. Kloter ketiga terdiri dari mahasiswa: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Pendidikan Matematika, dan Pendidikan Bahasa Inggris,” tambahnya.

Kegitan Praktek Manasik Haji dilakukan pertama kali pada tahun 2018 (angkatan 2015). Maka dari itu, Ramadhani berharap kegiatan tersebut dapat terlaksana setiap tahunnya.

Kemudian, Dekan FITK, Kasinyo Harto mengatakan bahwa pada prosesi ibadah Manasik Haji tersebut diperlukan niat karena Tuhan YME. Pihak fakultas akan terus memberikan dukungan.

“Dari Lab Keagamaan FITK sendiri akan terus menyiapkan dan memberikan fasilitas dalam rangka melaksanakan prosesi Praktek Ibadah Manasik Haji tersebut,” ujarnya.

Salah satu Mahasiswa FITK Jurusan Bahasa Inggris, Maysela mengatakan bahwa praktikum tersebut sangat bermanfaat untuk semuanya, “Karena kita kan latar belakangnya dari UIN, paling tidak kita tahu tentang tata cara ibadah haji ini,” ucapnya.

 

Reporter: Siti Wijaya, Yuni Rahmawati

Editor: Melati Arsika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *