Letak Perbedaan Video Jurnalistik dan Dokumenter Pada Persoalan Teknis

Kreatif Directed Mata Kamera, Ari Priyanto sedang mengisi Workshop tentang Video Jurnalistik di Ruang Kelas Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Jumat (12/7/19). Acara tersebut merupakan bagian dari agenda Praktik Pengenalan Lapangan (PPL) Mandiri Mahasiswa Jurnalistik. Ukhuwahfoto/Kenedy.

UIN RF – Ukhuwahnews.com | Berbicara tentang pembuatan video jurnalistik dan dokumenter, kata Kreatif Directed Mata Kamera, Ari Priyanto, secara teknis keduanya hanya berbeda pada durasi dan kedalaman berita atau isu yang diangkat.

“Kalau video jurnalistik hanya pada penyampaian informasi saja, yang durasinya sekitar satu menit atau dua menit, sedangkan video dokumenter itu bisa sampai lebih dari enam menit dan beritanya itu lebih mendalam,” jelasnya.

Selain itu, di sela-sela penyampaiannya saat mengisi Workshop di Ruang Kelas Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK), Universitas Islam Negeri Raden Fatah (UIN RF) Palembang, pada Jum’at (12/7/19), dia mengatakan bahwa peran penting seorang jurnalis video adalah melaporkan kejadian secara langsung.

Tidak hanya hal tersebut, Ari juga meberitahukan bahwa ada empat teknik standar dalam pengambilan video, yaitu squences, type of shoot, shot size, dan penguasaan audio standar. “Dari empat teknik itu, semoga sudah bisa dikuasai oleh cameramen person dalam pembuatan video,” imbuhnya

Adanya Workshop Video Jurnalis yang mengundang Mata Kamera ini, merupakan rangkaian dari kegiatan Praktik Pengenalan Lapangan (PPL) Mandiri mahasiswa jurusan Jurnalistik FDK UIN RF Palembang.

“Hari ini sudah hari ketiga kegiatan PPL Mandiri, dan secara khusus mengundang Mata Kamera untuk mengisi materi. Tujuan dari acara ini, semoga mahasiswa bisa membuat karya dan produk jurnalistik yang bagus,” ujar Ketua PPL Mandiri, Muhammad Ridho.

Ridho juga mengatakan bahwa setelah ini, mahasiswa akan dibagi kelompok untuk praktek langsung ke lapangan.

 

Reporter: Siti Srijaya Agustina, Yuni Rahmawati

Editro: Melati Arsika

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *