UKMK & Organisasi Mahasiswa

Lesehan Ukhuwah, Pro Kontra Larangan Bercadar Di Kampus

Beberapa anggota LPM Ukhuwah sedang mengikuti lesehan mengenai pro kontra penggunaan cadar di Kampus, di Graha LPM Ukhuwah, Jum’at (9/3/18). Ukhuwahfoto/Erna

UIN-Ukhuwahnews.com | Larangan bercadar yang berlaku di Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta membuat Divisi Pengembangan dan Penilitian Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Ukhuwah UIN Raden Fatah Palembang berinisiatif mengadakan agenda rutin lesehan dengan tema tersebut, Jumat (9/3).

Lesehan ini membahas bagaimana pendapat anggota Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Ukhuwah fokus mengenai Berita Larangan bercadar.

Pelaksana Divisi Penelitian dan Pengembangan LPM Ukhuwah, Monalia Aninda Aryani selaku Moderator membagi peserta lesehan menjadi Kelompok Pro dan Kontra.

Melati Perwakilan kelompok Pro berpendapat, penggunaan cadar akan menyulitkan interaksi antara dosen dan mahasiswi yang bercadar.

“Kalau cadar tidak dilepaskan dalam kehidupan kampus, dosen yang mengajar pun akan merasa risih karna tidak dapat bertatap muka secara langsung. Akan menyulitkan apalagi di dalam kelas tersebut banyak yang memakai cadar, saat mengabsen dosen akan binggung mana si A mana si B,” ujarnya.

Sedangkan kelompok Kontra mengganggap bahwa melarang memakai cadar itu sudah melanggar Hak Asasi Manusia (HAM). “Memakai cadar adalah suatu yang kebaikan kalau itu dilarang berarti sama saja melanggar hak kita. Orang Arab pun di perbolehkan memakai cadar, itu adalah salah satu cara menutup diri dari yang bukan mahromnya sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan,” ujarnya.

Berbeda dengan Melati, Metri memilih mujriyah atau netral. “Mau bercadar atau tidak itu terserah, asalkan mereka tau kaidah-kaidah yang benar, tau bagaimana perilaku baik yang harus dilakukan wanita bercadar,” ujarnya.

Adapun tujuan lesehan ukhuwah dilaksanakan supaya anak-anak anggota ukhuwah ketika diberi opini mampu berpendapat dan berdiskusi dengan baik.

Reporter : Indah yonita

Editor: Muhammad Rajab

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

To Top
Kancah Kreativitas Ilmiah