Foto.net

Foto.net

UIN-Ukhuwahnews.com |  Menjelang penerimaan mahasiswa baru (Maba) Universitas Islam Negeri  Raden Fatah (UIN RF) Palembang Tahun 2017 mempersiapkan langkah pencegahan penggunaan narkoba yang semakin merambah dikalangan sekolah dan kampus, pada tahun ini seluruh Maba UIN RF diwajibkan melakukan tes urin dan mengikuti sosialisasi pencegahan narkoba.

Wakil Dekan III Fakultas  Sains dan Teknologi (Saintek) UIN RF, Syarifah S.si M. Kes saat ditemui pada Rabu, (22/02/17) menjelaskan, untuk mengantisipasi penyebaran narkoba,  UIN RF bekerjasama Badan Narkotika Nasional (BNN) dengan mendeteksi langsung Maba melalui tes narkoba screening.

“Tes screening adalah tes berkala untuk menguji seseorang menggunakan narkoba atau tidak. Maba akan melakukan tes urin dan rambut, untuk menguji positif atau tidak menggunakan narkoba,” jelasnya.

Syarifah juga menambahkan jika benar ada mahasiswa yang positif menggunakan narkoba, tentu akan sulit mengikuti kegiatan belajar mengajar di kelas.

“Narkoba  itu sangat berbahaya, narkoba bisa merusak sel saraf otak. Bahkan bukan pada sel saraf saja, namun pada organ –organ terpenting dalam tubuh kita juga akan rusak,” tambahnya.

Menurut Wakil Dekan III Fakultas Dakwah dan Komunkasi (FDK), Manalullaila, M.Ed, seharusnya bukan mahasiswa baru saja yang melakukan tes, tetapi seluruh warga Kampus UIN RF. Baik mahasiswa semester lanjut, pegawai, hingga dosen.

“Selain itu, mahasiswa yang terdeteksi narkoba akan diwawancara terlebih dahulu, untuk membuktikan positif menggunakan narkoba. Jika benar-benar terbukti maka akan ditinjak lanjuti dengan sanksi langsung Drop Out (DO) dari UIN RF,” tuturnya.

Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Deni menyetujui tes narkoba tersebut, karena siswa zaman sekarang dan zaman dulu sangat berbeda banyak yang sudah coba-coba narkoba.

“Tes narkoba yang akan dilakukan pihak UIN RF, bisa berdampak terhadap pengurangan jumlah pengguna narkoba, terutama di Kampus UIN RF,” tutupnya.

 

Reporter: Rdp, Tdm, Uci

Editor : Olw

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

To Top
Kancah Kreativitas Ilmiah