Fakultas Tarbiyah dan Keguruan

Lakukan Loncatan, Pendidikan Fisika Sabet Akreditasi B

Terlihat sebagian mahasiswa Pendidikan Fisika menggunakan fasilitas laboratorium yang disediakan prodi sebagai penunjang akreditasi, Rabu (20/02/19). Ukhuwahfoto/Istimewa.

UIN RF – Ukhuwahnews | Setelah berjalan tanpa akreditasi sejak 2015 lalu, akhirnya Program Studi (Prodi) Pendidika Fisika Universitas Islam Negeri Raden Fatah (UIN RF) Palembang resmi mendapatkan akreditasi B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (Ban-PT) yang diumumkan hari ini, Rabu (20/02/2019).

Menurut Kepala Prodi (Kaprodi) Pindidikan Fisika, Dr. Amilda, M. A, loncatan akreditasi ini berhasil berkat kerja keras tim yang dibentuk sejak sebelum gelar ini didapatkan.

“Jadi begini, hasil dari peningkatan akreditasi Pendidikan Fisika ini, bukanlah dikerjakan oleh satu atau dua orang. Tetapi, kami punya tim dan tim ini lah yang menentukan hasilnya,” ungkapnya saat diwawancarai di ruangannya.

Saat ditanya siapa saja yang membantu proses pendapatan akreditasi ini, Amilda menjawab, banyak indikator yang terlibat, salah satunya adalah mahasiswa.

“Keterlibatan mahasiswa, karena mereka merupakan bagian instrumen dari penilaian, ketika tengah diwawancarai. Dari tiap angkatan ada yang mewakili. Selain itu, setiap dari mereka ditanyai oleh asesor Ban-PT terkait administrasi, pelayanan, proses pembelajaran dosen dan lain sebagainya,” jelasnya.

Dia menambahkan, tidak hanya kerja sama tim saja yang diandalkan, tetapi juga berkat bantuan dari Tuhan YME.

“Nah, untuk bisa sampai target tersebut, sesuai harapan, kita mengupayakan untuk bisa sampai ke sana sesuai kapasitas kita sebagai manusia. Dengan kapasitas itulah Allah bekerja. Tapi yang jelas, apa yang dicapai Prodi Pendidikan Fisika saat ini adalah kerja sama tim,” tegasnya.

Lanjutnya, persiapan peningkatan ini dibentuk sejak awal berdirinya Prodi Pendidikan Fisika, yaitu sejak tahun 2015 dan akhirnya ditetapkan untuk mendapatkan nilai B pada 15 februari 2019.

“Baru setelah itu diumumkan resmi melalui Web UIN RF pada 20 februari 2019, hari ini,” sambungnya.

Sementara, salah satu mahasiswa Pendidikan Fisika, Ardi mengatakan bahwa peningkatan ini merupakan suatu hal yang luar biasa, karena dahulunya prodi ini belum memiliki akreditasi.

“Alhamdulillah ini sangat luar biasa, dikarenakan khususnya saya sebagai angkatan ke 3 Prodi Pendidikan Fisika. Semua ini, berkat Allah SWT danusaha kita bersama untuk mendapatkan nilai B,” sebutnya.

“Kita saja belum mempunyai alumni dan langsung mendapat B. Ini menjadi sangat luar biasa bagi saya dan kita semua,” tutupnya.

Reporter : Sobariyani, Novi Yanti

Editor : Alfi BS

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

To Top
Kancah Kreativitas Ilmiah