Kurangnya Sosialisasi, Unit Usaha UIN RF Belum Berjalan dengan Baik

Rafah Press sebagai salah satu unit usaha yang dikelola Pusat Pengembangan Bisnis (PPB) Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Selasa (5/3/19). Ukhuwah Foto/ M. Amin Qoblal Fajri.

UIN RF – Ukhuwahnews | Selain sebagai tempat menimba ilmu bagi mahasiswa, Universitas Islam Negeri Raden Fatah (UIN RF) Palembang juga mengelola unit usaha yang dikontrol oleh Pusat Pengembangan Bisnis (PPB). Namun, ada beberapa unit usaha yang belum berjalan dengan baik dikarenakan kurangnya sosialisasi.

“Di UIN RF ini ada beberapa unit usaha yang tersedia, tetapi ada yang belum berjalan dengan baik. Penyebab belum berjalan dengan baik itu karena kurang dilakukannya sosialisasi,” kata Kepala PPB UIN RF, Nugroho kepada Ukhuwahnews di kantor Pemasaran, Senin (4/3/19).

Salah satu unit usaha yang belum berjalan dengan baik itu adalah Rafah Travel & Tour. Nugroho mengatakan, saat ada kegiatan yang membutuhkan jasa penyewaan bus atau lainnya, pihak kampus tidak menggunakan jasa Rafah Travel & Tour.

“Seperti KKN dan PPL, belum memakai jasa kami. Dan itu juga kendala lainnya dari pihak ketiga, yang kurang aktif mensosialisasikannya,” katanya.

Selain itu, kata Nugroho, Rafah Water pun malah belum berjalan karena masih mencari pihak ketiga yang mau diajak kerjasama.

Faktor lain yang menyebabkan terkendalanya usaha-usaha itu, terletak pada mahasiswanya sendiri yang kurang menyadari akan pentingnya memanfaatkan unit usaha dari UIN RF tersebut.

“Mahasiswa UIN RF sendiri ada yang tidak tahu dan kurang memanfaatkan unit usaha kami, nantinya itu akan berimbas dalam pemanfaatan hasil dari unit usaha tersebut, berupa kurangnya kontribusi dalam anggaran kampus untuk biaya pembangunan dan perbaikan,” jelas Nugroho.

Di samping dua usaha yang belum berjalan dengan baik tersebut, UIN RF juga mengelola unit usaha lainnya, seperti Rafah Academic Centre (AC), Rafah Konveksi, Rafah Student Resident, Rafah Press, Rafah Properti Management, Rafah Merchandise & Galery, dan Rafah Food Court. Semua usaha itu, kata Nugroho sudah cukup berjalan lancar.

Salah satu mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam, Hani Suji Hapsari mengatakan adanya keberadaan unit usaha bisa membantu kegiatan mahasiswa.

“Menurut saya, adanya unit usaha ini sangat membantu mahasiswa, khususnya Rafah Press yang membantu melengkapi proses perkuliahan,” ujarnya.

Reporter: Vandea Helga, Siti Zahro, Hanindita Maharani

Editor: Melati Arsika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *