Fakultas Sains dan Teknologi

Kuliah Tamu Biologi : Pentingnya Menjaga Unsur Hayati

Program Studi Biologi adakan Kuliah Tamu “Analisis Vegetasi”, di Fakultas Sains dan Teknologi, Senin, (19/3/18). Ukhuwahfoto/Doc. Saintek UIN RF.

UIN RF – Ukhuwahnews.com | Menindak lanjuti Memorandum of Understanding (MoU) antara UIN Raden Fatah Palembang dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) pada 2015 lalu, Balai Pengelolahan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL) Musi Sumatera Selatan (Sumsel) kembali berkerja sama dengan Program Studi (Prodi) Biologi dalam kegiatan Kuliah Tamu “Analisis Vegetasi”, di Fakultas Sains dan Teknologi, Senin, (19/3/18).

 

Pemateri dari BPDASHL,  Laila Fahriati, S.Hut., M.Si. mengukapkan, vegetasi memiliki kata kunci yaitu saling membentuk. “Atau piranti yang ada hubungan timbal balik diantaranya,” tuturnya.

 

Laila juga mengungkapakan bahwa dalam Undang-Undang, pemerintah berhak menentukan sebuah kawasan sebagai hutan, meskipun menurutnya, tidak ada pepohonan di kawasan tersebut. “Terpenting adalah fungsi dari kawasan tersebut yang perlu dilindungi,” ujarnya

 

Tindak lanjut dari kegitan tersebut, Mahasiswa Konsentrasi Botani akan diajak turun langsung ke lapangan untuk pelaksanaan Analisis Vegetasi. Praktikum ini diagendakan akan dilaksanakan di Gunung Dempo, Pagaralam atau Baturaja, sesuai dengan agenda kerja tim BPDASHL Musi Sumsel.

 

Kuliah tamu ini bertujuan mengingatkan kita akan unsur manusia, tumbuhan, hewan, dan alam yaitu satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan, serta pentingnya menjaga kelestarian unsur tersebut.

 

Reporter : Eli Apriana, Raenal Fikri

Editor : Alfiansyah

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

To Top
Kancah Kreativitas Ilmiah