Kkn Reguler 70 Selesai, Kelompok 93 Gelar Acara Penutupan Bersama Warga

Iwan Subroto sebagai Kepala Desa saat menyampaikan sambutannya pada acara memperingati Isra Mikraj di Masjid Nurul Taqwa desa Sukamanis, Kecamatan Tanah Abang, Pali, Rabu (3/4). Kegiatan ini sekaligus penutupan dan perpisahan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) kelompok 93 UIN Raden Fatah Palembang. Ukhuwahfoto/Sobarudin

Pali – Ukhuwahnews.com | Sudah genap 45 hari mahasiswa Universitas Islam Negeri Raden Fatah (UIN RF) Palembang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler 70 di Desa Sukamanis, Tanah Abang, Pali, Sumatera Selatan. Kelompok 93 mengadakan acara penutupan KKN sekaligus peringatan Isra Mikraj di Masjid Nurul Taqwa, Desa Sukamanis, Rabu (3/4/19).

Menurut Ketua Pelaksana Acara, Ghalih Prayoga, penutupan tersebut sebagai bentuk perpisahan dengan pihak desa yang telah menerima mereka dengan baik.

“Masyarakat desa sini sangat baik dan kami telah semaksimal mungkin melaksanakan tugas KKN ini. Seperti pada kegiatan sosial kami melakukan bersih-bersih desa, pada kegiatan pendidikan kami mengajar ngaji, Sekolah Dasar (SD), dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD),” ujarnya.

Dalam KKN Reguler yang bertemakan “ KKN Berbasis Riset dan Pengembangan Potensi Lokal Berkarakter”, bagi Ghalih dan kawan-kawan tema tersebut harus direalisasikan.

“Berdasrakan tema KKN sendiri, kami berusaha merealisasikannya. Salah satunya pembentukan Ikatan Remaja Masjid (IRMAS). Dari sanalah kami berusaha menanamkan nilai-nilai islami sehingga membentuk karekter remaja desa yang berpotensi islamiah,” tambahnya.

Neri (kiri) dan Mami (kanan) salah satu peserta lomba masak tradisional dari kelompok Duku di desa Sukamanis, kecamatan Tanah Abang, Pali, Sumatera Selatan, Rabu,(27/3/19). Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh KKN (kuliah kerja nyata) 70 kelompok 93 UIN Raden Fatah Palembang dalam rangka memperingati Isra Mikraj 1440 H. Ukhuwahfoto/Sobarudin.

Selain itu, mereka juga telah mengadakan lomba-lomba untuk melihat potensi yang dimiliki oleh masyarakat desa terutama pada remajanya.

“Kami mengadakan lomba itu selama enam hari, sejak hari Selasa (26/3) sampai Sabtu (30/3). Lomba yang kami adakan itu berupa lomba azan untuk anak laki-laki tingkat SD dan Sekolah Menengah Pertama (SMP), lomba hafalan surah pendek untuk anak perempuan tingkat SD dan SMP,” jelasnya.

Kemudian, mereka juga menyediakan lomba untuk masyarakat umum berupa lomba fashion show busana muslim dan karaoke religi. Lomba masakan tradisional pun mereka adakan untuk ibu-ibu desa Sukamanis.

Sementara itu, Kepala Desa Sukamanis, Iwan Subroto merespon baik kedatangan mahasiswa UIN RF selama KKN tersebut atas bantuan dan kegiatan yang telah mereka laksanakan.

“Kami sangat berterima kasih kepada mahasiswa KKN sudah mau ditempatkan disini, dan juga telah membantu desa dalam berbagai hal baik sosial maupun pendidikan, serta memberikan pelajaran-pelajaran yang tidak kami dapat di desa ini khususnya untuk anak-anak desa ini,” tuturnya pada saat sambutan.

 

Reporter: Sobarudin

Editor: Melati Arsika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *