KKN Mandiri UIN Gelar Penyuluhan Bahaya Narkoba oleh BNN

Penyuluhan Bahaya Narkoba dan obat-obatan terlarang bertema “Perangi Narkoba Selamatkan Generasi Penerus Bangsa” tersebut digelar di Kantor Desa Pangkalan Benteng Palembang. Kamis (24/1/19). Foto : Istimewa

Ukhuwahnews.com|| BNN (Badan Narkotika Nasional) mengisi materi dalam penyuluhan bahaya Narkotika dan obat-obatan terlarang yang diadakan oleh mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mandiri UIN Raden Fatah Palembang, Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam, Prodi Aqidah dan Filsafat Islam. Kamis (24/1/19)

Kegiatan bertema “Perangi Narkoba Selamatkan Generasi Penerus Bangsa” tersebut digelar di Kantor Desa Pangkalan Benteng Palembang.

Penyuluh dari Badan Narkotika Nasional Provinsi Sumatera Selatan (BNNP Sumsel) M. Nizar S. Ag. menjelaskan narkoba sangat merugikan banyak bidang kemasyarakatan, termasuk bidang ekonomi dan bidang social.

“Pengguna akan banyak menghabiskan uang dikarenakan harus membeli narkoba secara terus menerus. Dan rugi dibidang sosial, pecandu akan kehilangan jiwa sosialnya,” ungkapnya saat menyampaikan materi.

Lebih lanjut, Nizar menambahkan menurut survei yang ia lakukan, pemakai akan bertindak diluar kebiasaannya, mereka akan tidur setelah memakai, dan ketika bangun mereka akan banyak makan. Aklak moral pengguna juga akan terganggu, mereka tidak mementingkan arti kesopanan lagi dihidupnya sehingga akal sehat mereka akan hancur.

“Lebih parahnya pengguna tidak akan bisa sembuh setelah menggunakan narkoba tersebut, mereka hanya akan pulih. Tetapi tidak akan sama seperti sedia kala,” paparnya

Penyuluh Narkoba Ahli Pertama BNNP Sumsel Dwi Agil Setiadi S. K. M juga menghimbau dan mengarahkan agar tidak mendekati narkoba dan jenisnya, karena sangat merugikan penggunanya.

Disisi lain, Akhmad Fahir ketua acara dan ketua kelompok KKN Mandiri UIN RF mengatakan, acara ini bertujuan untuk menciptakan generasi penerus bangsa yang sadar akan bahayanya narkoba bagi berlangsungnya kehidupan berbangsa bernegara.

Acara ini juga dihadiri oleh kepala desa pangkalan benteng Rusli beserta jajarannya, Bintara Pembina Desa (BABINSA) Zulkifli, Kantibmas A. Effendi, Wakil Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Adama, Kepala Sekolah SDN 5 Talang Kelapa Yuliandri Spd beserta dewan guru, serta pemuda/i beserta masyarakat desa Pangkalan Benteng, dan juga siswa/i kelas 5 dan 6 SDN 5 Talang Kelapa.

 

Reporter : Widya

Editor : Fitria

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *