Editorial

Kilas Balik STUDY BANDING Prodi PAI

tarbiyah

UkhuwahNews, IAINSelasa (18/02).Study bandingyang dilaksanakan sejak tanggal 10 hingga 16 Februari oleh prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) yang telah mengelilingi tiga kota besar di Indonesia,Yogyakarta, Jakarta dan Bandung dalamrangkameningkatkankerjasamaantara UIN-UIN yang dikunjungioleh IAIN Raden Fatah Palembang, juga membantu mendapatkantips-tipsuntuk memperbaiki akreditasi dan juga menunjang transformasi IAIN Raden Fatah menjadi UIN.

Alimron, selaku Sekretaris Jurusan (sekjur) prodi PAI menjelaskan bahwa program ini murni dilakukan dengan pembayaran administrasi dari para peserta, “programinimenggunakandanaadministrasipeserta,tidakmenggunakandanabantuandaripihak jurusan,” ujarnya.

Study banding yang diikuti oleh lebih dari 80 peserta (termasuk staf prodi) ini juga melakukan rihlah (jalan-jalan) keberbagai tempat wisata, seperti  Masjid IstiqlalJakarta,Pusatperbelanjaan (mall), Monas,Stasiun TV (RCTI dan Trans7), Museum Geologi Bandung, TempatKerajinan tangan dan Malioboro.

terjadi pembatalankunjungankebeberapatempatwisata karenameletusnya Gunung Kelud yang mengeluarkan banyak abuvulkanikyang membahayakan, sehinggatempat-tempatwisatatersebut terpaksa harusditutup.

Beberapa tempat wisata yang batal dikunjungi diantaranya adalah Candi Borobudur, PantaiParangtritis dan Keraton Yogyakarta.

Karena batalnya kunjungan tersebut, salahseorangpesertaStudy Banding, YuliAstuti merasa sedikit kecewa. Namun ia tetap dapatmemaklumi, karena hal ini terjadi karena memang adanya cuaca yang buruk dari dampak gunung meletus dan bukan kemauan dari semua peserta study banding.

“Sedikitkecewa, sih.Karenatidaksesuaidenganperjanjianawal.Tapisiapa yang taussdatangnyamusibah? Tidakapa-apa, kitamaklumi, dari HMJ nantikatanyajugaakankembalikandana yang sudah kami bayarkanuntukpembatalannya,” ujar mahasiswi yang sedang menduduki semester 4 tersebut.

Sedangkan dari pihak HMJ menegaskan bahwa pembatalantersebut dapat dipastikanakandigantidenganpengembalianberupauangkepadaparapesertastudy banding. “Kami akankembalikanuang yang tidakjadidigunakanuntukmengunjungitempatwisata yang sudah kami rencanakan, dansekarangmasihdalam proses,” ujar RikiZevtiawan selakuKetua HMJ Prodi PAI menanggapi adanya pembatalan kunjungan tersebut. Pihaknya juga menargetkan kegiatan study banding ini akandiprogramkanlagitahundepan, melihatantusiasparapeserta yang sangattinggi.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

To Top
Kancah Kreativitas Ilmiah