Universiana

Kiat – Kiat Menjadi Pengusaha Muda

Ketua HIPMI Kota Palembang Ki Agus Hermansyah, SE. Sedang menyampaikan materi dalam Seminar Kemahasiswaan di Universitas Islam Negeri Raden Fatah (UIN RF) Palembang, (15/10/18) Ukhuwahfoto/Indra

Ukhuwahnews.com | Ketua umum himpunan pengusaha muda Indonesia (HIPMI), Ki Agus Hermansyah, S.E menyampaikan kiat-kiat untuk menjadi pengusaha muda yang juga berpengaruh dalam pengembahgan masyarakat.

Hal tersebut disampaikannya dalam seminar kemahasiwaan yang digelar oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) di ruang Munaqosyah Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Raden Fatah (UIN RF) Palembang. Senin (15/10/18)

Menurutnya, saat masa muda setidaknya mampu untuk membangun sebuah usaha mandiri agar bisa masuk ke dalam pembangunan masyarakat,

“Saya dulunya pun memulai usaha dengan modal yang sedikit bahkan tidak malu untuk berhutang, memulai usaha dari satu kios es dan sekarang sudah ada 10 cabang nya di seluruh Indonesia” ujarnya

Lebih lanjut, Agus menambahkan bahwa banyak dari generasi milenial saat ini hanya mengandalkan uang orang tua, mulai dari untuk kebutuhab handphone, sepatu, tas dan kebutuhan lainnya.

“Anak-anak jaman sekarang menyebut hal tersebut dengan sebutan uang berjalan,”

Saat ditemui, Ketua Pelaksana seminar bertajuk “Metodologi Pelatihan dan Pendampingan Pengembangan Masyarakat”, Mohd. Aji Isnaini, M.A, menjelaskan tujuan kegiatan tersebut untuk menambah peluang bagi mahasiswa terkhususnya PMI agar bisa diajak bekerja sama pada saat Program Pengalaman Lapangan (PPL).

“Mahasiswa yang terlibat dalam acara ini ya seluruh mahasiswa PMI, baik itu dari mahasiswa baru sampai semester 5, untuk pemateri kami mengundang ketua HIPMI, yang telah berkompeten di bidangnya,”

Sementara pada kesempatan yang sama, salah satu peserta seminar, Elga Pangestu mengatakan bahwa dengan adanya kegiatan ini mahasiswa bisa membuka diri dan pemikiran serta menumbuh kembangkan jiwa wirausaha di era Milenial saat ini.

“Membuka pikiran Saya bahwa ternyata uang itu tidak hanya bisa didapat dari orang tua saja, melainkan dengan cara berwirausaha sejak muda.” katanya

Selain itu menurut Elga, sebagai Pemuda-Pemudi diharapkan mampu menjadikan diri sebagai pendamping masyarakat dalam berwirausaha, sebagaimana yang disebutkan dalam tema, yakni pelatihan dan pendampingan.

 

reporter : Mita, Indra

editor : Fitria

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

To Top
Kancah Kreativitas Ilmiah