Kembangkan Bakat di Alam Bebas, UKMK Pramuka Bentuk Unit SOA

Calon anggota Unit Scout Outdoor Activity (SOA) melakukan salah satu rangkaian tes fisik di lapangan Universitas Islam Negeri Raden Fatah (UIN RF) Palembang, Kamis (7/3/19). Ukhuwah Foto/Dinda Aprilia.

UIN RF – Ukhuwahnews | Unit Kegiatan Mahasiswa Khusus (UKMK) Pramuka menciptakan ruang baru untuk mahasiswa Universitas Islam Negeri Raden Fatah (UIN RF) Palembang, dalam pengembangan minat dan bakat terhadap alam bebas, yang disebut Unit Scout Outdoor Activity (SOA).

Menurut Ketua Umum UKMK Pramuka sekaligus Ketua Pandega, Deri Dermawan mengatakan, SOA tersebut telah memasuki proses Pendidikan dan Pelatihan Tingkat Dasar (Diklatsar) sebagai bentuk penyeleksian. Kegiatan tersebut dilaksanakan dilapangan UIN RF, Kamis (7/3/19).

“Diklatsar tahun ini sebagai penerimaan anggota SOA Pramuka angkatan pertama. Peserta SOA itu terdiri dari 12 orang, yang 70% dari anggota pramuka dan 30% mahasiswa UIN RF,” kata Deri kepada Ukhuwahnews.

Kemudian, selepas dari Diklatsar tersebut, anggota yang terpilih nantinya akan mengikuti Perkemahan Sabtu Minggu di sekitar daerah OPI Mall, Jakabaring.

Selanjutnya, Ketua Pelaksana Diklatsar SOA, M. Bagoes Maisandhy menjelaskan, kegiatan seleksi tersebut dimulai dengan apel pagi, pembagian nomor, wawancara, tes fisik, kesehatan, dan penyampaian materi mengenai tata cara saat berada di alam bebas.

“Tes dalam selesksi itu ditujukan agar peserta yang terpilih nantinya memiliki fisik yang kuat pada saat di alam nanti,” jelasnya.

Menurut pernyataan salah satu peserta Diklatsar SOA, Eliza Saputri mengungkapkan, dari seleksi tersebut banyak pelajaran yang didapat, mulai dari wawasan, pengalaman, dan juga keluarga baru.

“Kegiatan hari ini seru dan nambah teman juga, kebersamaannya juga dapet. Harapan saya kedepannya semoga SOA lebih berkembang dan semoga tahun depan adalagi serta lebih baik lagi,” ungkapnya.

Reporter : Delta Septiasmara, Dinda Aprilia

Editor: Melati Arsika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *