Terlihat beberapa pedagang yang berjualan di pinggir jalan Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang melayani pembeli, Kamis, (09/02/17).Ukhuwahnews/theresia

Pedagang- Terlihat beberapa pedagang yang berjualan di pinggir jalan Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang melayani pembeli, Kamis, (09/02/17).Ukhuwahnews/theresia

UIN-Ukhuwahnews.com | Masa libur semester ganjil di Universitas Islam Negeri Raden Fatah (UIN RF) Palembang yang panjang, membuat kampus menjadi sepi. Sehingga, pendapatan pedagang di pinggiran jalan KH. Zainal Abidin Fikri mengalami penurunan.

Hal ini sangat dirasakan oleh Maman, salah satu pedagang di sekitar kampus UIN RF, ketika ditemui, Rabu (08/02/17). Ia mengeluhkan untuk mendapatkan untung saat libur seperti ini menjadi sulit.

“Kalau saja mahasiswa tidak libur, maka pendapatan bisa sampai Rp 100.000 per hari. Ketika libur saat ini terpaksa barang jualan dikurangi, agar tidak terlalu banyak kerugian. Secara tidak langsung pendapatan berkurang,” ungkapnya.

Maman menambahkan bahwa pendapatan dari berdagangnya yang berkurang ini juga berdampak kepada perekonomian keluarganya.

“Karena pendapatan per hari menurun, juga berdampak untuk anak saya. Biasanya anak saya dapat uang saku Rp 5000 sekarang jadi hanya Rp 1000,” tambahnya.

Hal tersebut juga disampaikan, Maryam, pedagang di sekitar kampus UIN RF juga menuturkan bahwa  ia juga mengalami penurunan pendapatan.

“Pada masa libur semester seperti ini kami mengalami untung yang sedikit daripada biasanya,” tuturnya.

Karena hal tersebut, Maryam berharap setelah libur semester ini berakhir bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar agar bisa menutupi kerugian yang dirasakan sebelumnya.

“Harapan saya setelah libur ini akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar lagi sehingga bisa menutupi kerugian yang ada sebelumnya,” tambahnya

Saat ditemui di depan Gedung Fakultas Dakwah dan Komunikasi, salah satu Mahasiswa Jurnalistik, Dian mengatakan pedagang yang tidak memiliki izin seharusnya tidak berjualan di pinggiran jalan kampus.

“Selain itu, Jika dalam masa libur semester seperti ini, seharusnya pedagang bisa berdagang di tempat lain seperti sekolah dasar, agar mereka tidak sampai rugi besar,” tutupnya.

Reporter : Rdi, Uci

Editor : Wfi

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

To Top
Kancah Kreativitas Ilmiah