Dosen Fakutas Syari'ah dan Hukum Universitas Islam Negeri Raden Fatah (UIN RF), sedang mendiskusikan Jurusan Ilmu Hukum yang belum Terealisasi. Kamis (23/02/17) ukhuwahnews/ Futri

Dosen Fakutas Syari’ah dan Hukum Universitas Islam Negeri Raden Fatah (UIN RF), sedang mendiskusikan Jurusan Ilmu Hukum yang belum Terealisasi. Kamis (23/02/17) ukhuwahnews/ Futri

UIN-Ukhuwahnews.com | Setelah melepaskan Jurusan Manajemen Zakat Wakaf, Fakultas Syari’ah dan Hukum Universitas Islam Negeri Raden Fatah (UIN RF) Palembang, akan membuka Jurusan Ilmu Hukum sebagai jurusan terbaru. Namun tahun ini belum terealisasi, karena terkendalanya persetujuan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti).

Saat ditemui Kamis pagi (23/02/17), Kepala Jurusan Program Studi (Prodi) Muamalah, Yuswalina, S.H., M.H menjelaskan, proses yang belum 100 % selesai membuat pihaknya belum bisa merealisasikan Jurusan Ilmu Hukum untuk tahun ajaran 2017.

“Merealisasikan Jurusan Ilmu Hukum tidak semudah seperti Jurusan Manajemen Zakat Wakaf kemarin, karena Jurusan sebelumnya masih dalam naungan Islam,”jelasnya.

Yuswalina menambahkan, banyak mahasiswa yang mengeluhkan seluruh jurusan di Fakultas Syari’ah bergelar Sarjana Hukum (S.H) termasuk Jurusan Ilmu Hukum nantinya.

“Seluruh jurusan di Fakultas Syari’ah bergelar S.H termasuk Jurusan Ilmu Hukum, padahal jika jurusan ini bergelar S.HI akan menunjukkan kedisiplinan dari Universitas Islam. Walaupun jurusan ini mempelajarai hukum-hukum umum, namun masih mempelajari Hukum Islam,” ujarnya.

Dosen Jurusan Jinayah Siasah (JS), Holidah mengungkapkan bahwa Jurusan Ilmu Hukum juga masih akan mempelajari mata kuliah yang sama, namun pihak Fakultas belum menambahkan kelas untuk jurusan Ilmu Hukum, karena masih dalam proses penyelesaian.

“Mengenai pembentukan Prodi baru, saat ini masih dalam rencana baik dari penentuan Mata Kuliah dan  kelas-kelas yang akan disiapkan sesuai dengan peminat dan daya tampung jurusan tersebut,” ungkapnya.

Salah satu Mahasiswa Jurusan JS, Intan Kusniati belum mengetahui jika fakultasnya akan merealisasikan jurusan baru. “Kurangnya informasi dari Fakultas, membuat kami tidak mengetahui jika Fakultas Syari’ah akan menambahkan jurusan baru,” tuturnya.

Ia juga menambahkan, semoga dengan direalisasikannya Jurusan Ilmu Hukum nanti mampu menjadikan UIN RF lebih dipandang baik oleh masyarakat, dengan kemampuan belajar umum, namun tetap memegang nilai-nilai Islami.

 

Reporter: Ern,Fut,Sad

Editor: Olw

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

To Top
Kancah Kreativitas Ilmiah