Gallery

Jurnalis Sejati Contoh Keteladanan Rasul

 

Pelantikan LPM Fitrah Universitas Muhammadiyah Palembang, jumat (22/4/2016) di Gedung Kantor Pusat Administrasi UMP. Foto : Nopri Ismi/ukhuwahnews.com

Pelantikan LPM Fitrah Universitas Muhammadiyah Palembang, jumat (22/4/2016) di Gedung Kantor Pusat Administrasi UMP. Foto : Nopri Ismi/ukhuwahnews.com

 

Palembang, ukhuwahnews.com | Pembantu Rektor tiga Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP) Jumat (22/4/2016) lantik tiga pengurus inti Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Fitrah UMP. Pengurus inti tersebut diantaranya, Ikral Sawabi sebagai Ketua Umum, Sunaryo sebagai Sekretaris Umum, dan  Hanindiya Dwi sebagai Bendahara Umum.

Acara yang berlangsung di Gedung Kantor Pusat Administrasi (KPA) UMP ini dihadiri oleh puluhan mahasiswa dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang ada di UMP, turut hadir pula Kepala Bagian (Kabag) UMP dan mahasiswa dari berbagai univesitas yang ada di Sumatera Selatan.

Pembantu Rektor tiga UMP, DR. Fatimah, S.E., M.Si. dalam sambutannya mengatakan bahwa pers mahasiswa haruslah menjadi corong bagi kebijakan universitas untuk dapat disampaikan kepada mahasiswa. Tidak hanya itu pers mahasiswa juga tetap harus berpegang teguh pada kode etik jurnalistik.

Dimasa kemajuan saat ini jurnalis sudah harus bisa melakukan analisis wacana yang telah dibuat untuk dijadikan berita.

“untuk menjadi seorang jurnalis sejati, haruslah mencontoh sifat-sifat Rasulullah SAW, yaitu sidiq, amanah, fatanah, dan tabligh,” kata dia.

Lebih lanjut Fatimah menjelaskan contoh-contoh tersebut bisa dengan melakukan pemberitaan yang benar, tidak dibuat-buat, dan tidak memutar balikkan fakta. Berita yang dibuat haruslah dapat dipercaya dengan akurasi tinggi, sehingga dapat meyakinkan pembaca. Selain itu berita yang dibuat juga harus bisa mencerdaskan pembaca, sesuai dengan cita-cita bangsa.

Menanggapi momen penting ini Ketua Umum LPM Fitrah UMP mengatakan akan menjadikan peristiwa sakral ini sebagai titik balik kemajuan LPM Fitrah Ke depan, berusaha semaksimal mungkin untuk menjadi teladan yang baik seperti Rasulullah SAW.

“selain meningkatkan kualitas SDM, tujuan saya adalah mengembalikan Fitrah pada Fitrahnya,” kata dia.

(obi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

To Top
Kancah Kreativitas Ilmiah