Jurnalis Profesional sebagai Gatekeeper Citizen Journalism

Nurly Meilinda saat memaparkan materi dalam workshop Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia yang bekerja sama dengan Kejaksaan Negeri Palembang. Sabtu (9/2/2019). Ukhuwahfoto/Melati

Palembang – Ukhuwahnews | “Kebebasan dalam memanfaatkan internet memudahkan semua orang untuk membuat atau menyebarkan cerita versi sendiri dan berkontribusi dalam pertukaran informasi, tanpa gatekeeper.

Hal tersebut disampaikan Dosen Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Sriwijaya Nurly Meilinda dalam workshop Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia yang bekerja sama dengan Kejaksaan Negeri Palembang. Sabtu (9/2/2019)

Di media sosial tidak adanya editor, program director, atau pemimpin redaksi yang bertindak sebagai Gatekeeper untuk meyeleksi informasi yang disebarkan oleh citizen Journalism (Jurnalis warga).

“Setiap citizen Journalism dapat mem-posting apapun, tanpa batasan, filter dan penyensoran terlebih dahulu,” ujarnya.

Dalam Workshop yang bertema Benang Merah Produk Jurnalistik vs Media Sosial, Nurly juga menambahkan Maka, jurnalis professional memiliki fungsi sebagai Gatekeeper produk sosial media dan juga bertanggung jawab untuk menggali lebih dalam informasi yang berkaitan dengan kepentingan publik.

“Informasi yang disebarkan terlebih dahulu oleh citizen Jurnalism harus di klarifikasi oleh jurnalis professional agar informasinya tidak bias,” tambahnya.

Di sisi lain, Asmadi Kepala Kejaksaan Negeri Palembang mengatakan pemberlakuan hukum di sosial  media sama seperti kaidah hukum pada warga pada umumnya.

“Di sosial media tidak ada perlindungan hukum secara khusus seperti perlindungan terhadap Pers.”

Lebih lanjut, menurut Asmadi Piranti hukum di Indonesia serius menanggapi informasi yang beredar di masyarakat karena sangat berpotensi membuat dampak positif maupun berdampak negatif.

“Meskipun bukan orang pertama yang menyebarkan, namun ikut meneruskan konten negatif maka akan ikut dikenai tindak pidana,” jelasnya.

 

Reporter : Fitria

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *