Jika Ukt Tinggi, Maba Bisa Ajukan Banding

Sejumlah calon mahasiswa baru menunggu antrian untuk mengumpulkan berkas administrasi di Gedung Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK) UIN Raden Fatah Palembang, Senin (15/4/19). Ukhuwahfoto/Fitria.

UIN RF – Ukhuwahnews.com | Memasuki penerimaan Mahasiswa Baru (Maba) 2019, Universitas Islam Negeri Raden Fatah (UIN RF) Palembang menetapkan tujuh kelompok Uang Kuliah Tunggal (UKT). Namun jika keberatan, Maba bisa  mengajukan banding ke fakultas masing-masing.

Dijelaskan oleh Kepala Bagian Informasi, Dadang, S.Ag, S.Ipi, M.Pdi saat ini Maba menentukan UKT sendiri dengan mengisi data secara online di menu yang telah tersedia.

“Jika UKT yang didapat terlalu tinggi, Maba bisa melakukan banding ke fakultas masing-masing,” jelasnya pada sela pengumpulan berkas calon mahasiswa jalur SPAN-PTKIN, Senin (15/4/19).

Dadang menambahkan persyaratan banding meliputi,  fotocopy Kartu Keluarga (KK), foto rumah dan bukti penghasilan orang tua yang diketahui oleh lembaga berlegalitas seperti Lurah atau Camat.

“Banding yang diajukan bisa diterima atau ditolak, tergantung memenuhi syarat atau tidak,” paparnya.

Di sisi lain, calon Maba Jurusan Hukum Keluarga Islam, Dewi Pramudita mengaku sedikit keberatan dengan UKT yang ia dapat.

“Saya mendapat UKT Golongan II senilai Rp. 2.000.000, sebenarnya cukup berat karena dalam keluarga cuma ayah yang bekerja,” pungkasnya.

Dalam penerimaan mahasiswa jalur SPAN-PTKIN, UIN RF telah menerima 1026 calon mahasiswa. Hari ini merupakan tahapan pengumpulan berkas bagi yang telah dinyatakan lulus. Tahap tersebut berlaku dari tanggal 10-18 April 2019.

 

Reporter: Fitria

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *