Suara Publik

Jeritan Mahasiswa Kadaluarsa

Foto. Net

Babak baru telah tiba, namun wisuda masih jauh dari mata, padahal skripsi pun sudah selesai alhamdulillah. Nasib mahasiswa semester kadarluarsa terbawa arus birokrasi yang menyiksa, menunggu jadwal sidang yang entah keluar dimana.

Besok orang tua masih bertanya, kapan nak kamu sarjana? lalu aku jawab, segera mak segera ku urus semuanya esok lusa aku menghadap kesana. andai andai yang mengurus peraturan di kampus atau yang membuat birokrasi yang panjang merasakan apa yang di rasakan kami kami ini, pastinya kalian akan mabuk selalu setiap hari sambil harap harap cemas semoga namanya tidak di catat di pengumuman mading deratan senior yang akan segera di D.O, lebih harap harap cemas lagi tanggal pendaftaran wisuda bisa diundur, maklumlah berkas tersangkut dan tak mau ikut dalam unjian komprehensif yang diadakan setiap bulan berturut turut, maklumlah dosen kami sulit ditemui, maklumlah dosen kami bekerja sesuai suasana hati, maklumlah dosen kami pergi ke kampus melihat cuaca hari ini, maklumlah, maklumlah, maklumlah!

Maklumlah mak kami karat di kampus, maklumlah mak kami tak punya pujaan hati, maklum lah mak kami ini kurus sekali, maklum lah mak kami ini sudah gila sekarang ini. Andai andai lagi kalo sarjana nanti dan bisa jadi dosen dikampus lagi, semoga aku tidak menjadi bahan tulisan mahasiswa ku seperti ini, karena mereka di persulit dihari hari akhir yang sunyi karena teman teman telah wisuda undur diri.

Terakhir tentunya untuk dosen penguji, anak cucu cicit kalian pastinya akan bertemu sidang akhir nanti, kecuali mereka kalian besarkan dalam edukasi bahwasanya hasil kuliah bukan di tentukan di sidang skripsi, niscaya mereka cerdas seperti kami kami ini tak usah belajar menghadapi sidang nanti karena tau punguji sudah pernah diuji dan tau resikonya bila tak lulus nanti. semoga di 20 tahun reformasi orang tua dan teman bisa mengerti bahwa wisuda bukanlah perayaan suasana hati. Perjuangan belum berakhir bob!

Penulis : Ahmad Rizki Prabu

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

To Top
Kancah Kreativitas Ilmiah