UKMK & Organisasi Mahasiswa

Jadi Pemateri News Angle, Maya Citra Rosa Beri Pemahaman ‘Berita Unik dan Menarik’

Penyampaian materi seputar news angle oleh Pemimpin Redaksi LPM Ukhuwah 2017, Maya Citra Rosa kepada Calon Anggota di Graha LPM Ukhuwah, Rabu (10/10/18). Ukhuwahfoto/Siti Wijaya.

LPM – Ukhuwahnews.com | Demi memperdalam pemahanaman seputar berita unik dan menarik, Pemimpin Redaksi Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Ukhuwah 2017, Maya Citra Rosa isi lesehan tentang news angle kepada anggota magang di Graha LPM Ukhuwah, Rabu (10/10/18).

Saat memberikan materinya, Maya menjelaskan, ada banyak angle yang bisa diambil melalui unsur 5W+1H (what, when, where, why, who dan how) agar berita yang diangkat bisa menarik dan unik. “Kalian bisa ngambil angle itu dimana saja, tapi jarang memakai unsur kapan di awal,  karena kapan itu biasanya digunakan di terakhir penulisan lead,” ujarnya.

Menurutnya, agar mendapatkan nilai lebih dalam berita, unsur yang paling baik digunakan yaitu “kenapa” ketika menentukan angle di lead berita.

“Mbak dari pertama ikut LPM ini selalu diajari, coba deh, mengunakan lead dari mengapa. jadi kalau kita mengambil angle mengapa maka kita mendapatkan nilai berita, karena terdapat keunikan dalam berita kita,” ungkapnya.

Selain itu, Maya menekankan, saat peliputan, reporter dituntut harus detail dalam  mengulas informasi, sehingga banyak angle yang bisa dipilih saat penulisan berita. “Ketika meliput, kita sudah terbayang apa  yang akan di bicarakan oleh narasumber. Ini paling dasar yang biasa  digunakan oleh LPM untuk web kita,” lanjutnya.

Sementara salah satu anggota magang LPM Ukhuwah tang hadir saat itu, Vandea Helga Fany menyatakan sangat tertarik dengan materi yang telah sampaikan. Dia mengaku mendapatkan pengetahuan baru.

“Iya bagus lah, ada agenda-agenda lesehan seperti ini untuk kami anggota baru. Ada tambahan ilmu,” tungkasnya.

 

Reporter : Siti Srijaya dan Cahaya Hairani

Editor : Alfiansyah

 

 

 

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

To Top
Kancah Kreativitas Ilmiah