Health

Ini Dia Tiga Cara Lakukan Ruqyah Syar’iyyah

Ibu-Ibu yang mengikuti Ruqyah Syar’iyyah terlihat menundukkan kepala ketika perukiah melantunkan ayat suci al-Quran sebagai salah satu cara merukiah yang dilaksanakan oleh Lembaga Sinergi Qur’ani dan Ruqyah Indonesia di Masjid Darul Muttaqien Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Selasa (3/4/19). Ukhuwahfoto/Siti Srijaya.

UIN RF – Ukhuwahnews.com | Rukiah sebagai metode pengobatan hati melalui bacaan zikir atau doa. Menurut pemateri sekaligus pembimbing Ruqyah Syar’iyyah, Imam Bukhori mengatakan, ada tiga cara dalam merukiah.

“Pertama dengan menggunakan daun bidara, kedua dengan media air putih, dan ketiga dengan dibacakan ayat suci Al-Qur’an dengan syarat peserta harus dalam keadaan suci,” ujarnya di hadapan peserta rukiah dalam acara Ruqyah Syar’iyyah yang diadakan oleh Lembaga Sinergi Qur’ani dan Ruqyah Indonesia.

Imam juga mengungkapkan, yang bisa dikategorikan sebagai Ruqyah Syar’iyyah harus berlandaskan pada tiga sumber.

“Pertama adalah syafaat, kedua ialah sunah dan yang ketiga harus meminta kepada Allah dan tidak meminta selain dariNya,” ujarnya saat diwawancarai di Masjid Darul Muttaqien Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Selasa (3/4/19).

Menurut salah satu peserta, Siti Utami yang baru pertama kali mengikuti rukiah, baginya acara tersebut bagus dan memberi manfaat.

“Menurut saya ini adalah acara yang bermanfaat untuk diri saya khususnya. Saran saya kedepannya bisa dikembangkan lagi acaranya agar banyak diketahui orang lain,” ungkapnya.

 

Reporter: Yuni Rahmawati, Sobariyani

Editor: Melati Arsika

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

To Top
Kancah Kreativitas Ilmiah