Iklan Jangan Sampai Membuat Berita Tak Berimbang

Kegiatan Workshop dalam rangkaian acara PPL Mandiri Prodi Jurnalistik Fakultas Dakwah Dakwah dan Komunikasi UIN Raden Fatah Palembang, narasumber yang dihadirkan merupakan wartawan dari Media online Detik Sumsel. Kamis (11/7/2019). Doc. Ukhuwah

Palembang – “Keuntungan media tak hanyadari penjualan, melainkan juga diperoleh melalui iklan. Tapi hal tersebut tidak menekan pemberitaan jadi tidak berimbang,” ujar Wartawan detiksumsel Firwanto. Kamis (11/7/19)

Dalam workshop yang merupakan rangkaian acara PPL Mandiri yang diikuti oleh 32 Mahasiswa Jurnalistik UIN Raden Fatah tersebut, Firwanto menegaskan media harus Tetap harus berimbang, faktual dan terhangat.

Pada kesempatan yang sama, Wartawan Detik Sumsel Efen Permata juga mengatakan, Jika di media cetak, yang harus diperhitungkan meliputi biaya cetak, penjualan serta pengembalian (return).

“Pada media online, media sosial itu hanya metode pemasaran sebagai sirkulasi,” ungkapnya saat menambahkan jawaban atas pertanyan Putri Irlani terkait cara memperoleh pendapatan di Media online.

Lebih lanjut menurut Efen, dalam media ada tiga tim yang sangat penting. Pada media cetak harus ada tim sirkulasi, tim redaksi dan tim iklan. Jika tidak ada ketiga tim tersebut maka suatu media tidak bisa berjalan.

“Harus ada Sirkulasi sebagai pemasaran, redaksi untuk mencari berita, dan iklan mencari sumber pemasukan. Sedangkan pada media online tim sirkulasi digantikan oleh tim IT (information and technology),” jelasnya ditengah tanya jawab.

Reporter : Fitria

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *