Fakultas Ilmu Politik

Himapol UIN RF Bantu Atasi Kecurangan Politik

Suasana kegiatan Diseminasi atau penyebarluasan gagasan mengenai Sistem Politik Indonesia di kalangan masyarakat muda Lahat oleh Himpunan Mahasiswa Politik (Himapol) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Islam Negeri Raden Fatah (UIN RF) Palembang di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Lahat, Jumat (25/08/2017). Ukhuwahnews/Octi Lena Wati.

UIN-Ukhuwahnews.com | Demi memberantas kecurangan-kecurangan dalam kegiatan Pemilihan Umum (Pemilu), Himpunan Mahasiswa Politik (Himapol) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Islam Negeri Raden Fatah (UIN RF) Palembang, menyelenggarakan kegiatan Diseminasi atau penyebarluasan gagasan mengenai Sistem Politik Indonesia di kalangan masyarakat muda Lahat di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Lahat, Jumat (25/08/2017).

Dalam kegiatan tersebut Ketua Umum Himapol, Muhammad Risal Wijaya menuturkan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada pemilih pemula, agar tidak terkecoh lagi dalam memilih kandidat saat pemilu.

“Kegiatan ini dilakukan khusus untuk para pemilih pemula, terutama yang berumur 17 tahun. Mereka perlu mengetahui bagaimana cara menilai baik atau tidak kriteria kandidat pemimpin untuk daerahnya,” tuturnya.

Risal mengatakan bahwa solusi dari kecurangan yang terjadi saat pemilu, terletak dalam diri peserta pemilu itu sendiri. Menurutnya, peserta pemilu harus meningkatkan keingintahuan terhadap kandidat pemimpin.

“Ada banyak solusi untuk mengatasi kecurangan tersebut, salah satunya pemilih harus kepo terhadap kandidat pemimpin,” katanya.

Risal juga menjelaskan apa saja yang harus dicari tahu terhadap kandidat pemimpin. “Mencari tahu latar belakang kandidat, mencari tahu aktivitas politik kandidat, mencari tahu pekerjaan awal kandidat, magang dan seleksi dalam partai kandidat serta motivasi kandidat,” jelas Risal.

Siswa  MAN 1  Lahat, Helen bersyukur diadakannya acara tersebut, karena ia menjadi mampu menemukan solusi atas kebimbangan bagaimana cara menjadi pemilih pemula yang seharusnya.

“Melalui kegiatan ini kami diberikan solusi dan strategi-strategi dalam mengahadapi serta mengatasi kecurangan-kecurangan dalam pemilu,” katanya.

Panitia Pelaksana kegiatan, Milda Raya Sari berharap dengan adanya kegiatan tersebut dapat membantu memperbaiki politik di Indonesia.

“Tidak menutup kemungkinan, yang bisa mengubah buru

knya politik di Indonesia saat ini adalah generasi muda. Melalui sosialisasi ini kami bisa mengajak sedikit demi sedikit anak muda untuk acuh terhadap politik di Indonesia,” harapnya.

Reporter : Olw.

Editor : Wfi.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

To Top
Kancah Kreativitas Ilmiah