Syiar

Hijab Wanita Islam

Oleh^Dwi Latifah Apriyani

Tertutup, menawan, anggun, dan cantik. Hijab menjulur bergelayut di tubuh wanita muslim. Tak menarik tapi terpercik kagum bagi yang memandang. Salut untuk wanita-wanita yang menjulurkan hijabnya di  tengah beribu mode yang tak memikirkan ajaran Islam meski Islam agamanya.

Moderisasi kini kian parah tak hanya informasi, teknologi, budaya, akan tetapi dapat menggoyahkan kepercayaan. Karena hijab yang awalnya bertujuan menutup aurat agar tidak menggumbar nafsu saat ini telah berbalik menjadi pakaian yang modis, menarik, dan cantik. Tak ketinggalan kesan seksi di beberapa pakaian.

Mengikuti mode  itulah alasan terciptanya hijab yang bermacam-macan meski jika diamati beberapa pakaian suatu sisi kurang memenuhi anjuran Islam.

Tampil cantik, menawan , modis  tetapi tetap Islam beberapa produk  memperkenalkan dagangannya agar menarik minat muslimah untuk membeli. Hal ini tak salah karena bisnis ini sangat menjanjikan. Saat ini telah banyak wanita menggunakan jilbab sehingga ini merupakan peluang bisnis yang menarik. Pakaian muslim sangat digandrungi oleh kaum hawa.

Merk pakain muslim pun kini menjamur dari rumahan hingga on line. Hal inilah membuat para perancang busana membuat pakaian yang semenarik mungkin sehingga terkadang mereka melupakan aturan hijab yang sebenarnya.

Ada beberapa hijab yang terkesan seksi lekuk tubuh terlihat dan bahan yang digunakan merupakan bahan yan g dapat diterawang, tak hanya itu jilbab tak menjulur menutup dada.

Para pembuat baju hanya memikirkan untung atas apa yang dijualnya namun, tak memikirkan betapa salahnya rancangan pakaian yang mereka buat.

Perlahan ditakutkan akan adanya pergeseran nilai Islam mengenai hijab. Karena hijab yang saat ini marak bukanlah hijab yang dianjurkan dalam Islam. Bagaimana tidak jika penjual atau pembuat pakaian muslim membuat pakaian itu dengan tujuan keuntungan bukan pada ajaran Islam.

Meski ada beberapa hijab yang memenuhi anjuran Islam. Namun saat ini yang menjamur adalah tren dan mode.

Wanita mana yang tak ingin tampil cantik dengan pakaian yang digunakan meski dengan harga yang mahal mereka rela merogoh kocek dalam agar dapat tampil menarik mengikuti mode dan tren saat ini.

Ada beberapa batasan yang harus diperhatikan saat menggunakan hijab. Ingatlah perintah Tuhanmu akan dipertanggung jawabkan dihadapan Tuhanmu kelak. Hijab adalah  salah satu perintah Tuhan.

Pada dasarnya hijab itu diperuntukan untuk menjaga harga diri wanita muslimah. Di Dalam Alquran :

(Qullilmu’minaati yaghdhudhna min abshaarihinna wa yahpadzna puruujahunna walaa yubdiina ziinatahunna illaa maa dzhara minhaa walyadhribna bikhumurihinna ‘alaa juyuubihinna walaa yubdiina ziinatahunna illaa libu’uulatihinna …) Dan katakanlah kepada perempuan yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali yang (biasa) terlihat. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali kepada suami mereka dan ….(QS. An-Nur : 31)

Ayat ke dua yang membahas tentang kewajiban menutup tubuh adalah ayat 59 surah Al-Ahzab yang berbunyi: ”Wahai Nabi! Katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin,”Hendaklah mereka menutupkan jilbabnya keseluruh tubuh mereka.” Yang demikian itu agar mereka lebih mudah untuk dikenali, sehingga mereka tidak di ganggu.”

 

Pada saat ini pun kian marak kejahatan pada perempuan, di bis yang terjadi di negara India beberapa waktu lalu yang kasusnya terdengar mendunia. Dan beberapa waktu lalu seorang mahasiswi UI (universitas Indonesia) pun menjadi korban saat mencoba melarikan diri dari angkot yang ditumpanginya.

Tidak hanya kasus di atas banyak kasus kejahatan terhadap wanita yang terjadi di Indonesia tingginya tingkat kejahatan terhadap wanita dimulai dari pemerkosaan, pelecehan seksual, kekerasan dan lain sebagainya menunjukan bahwa wanita adalah sasaran kejahatan. Oleh karena itu wanita harus waspada dan lebih dilindungi.

Hijab memiliki makna penting bagi wanita Islam menunjukan jika ia adalah wanita muslim, sehingga wanita Islam itu disegani.

Hijab yang sebenarnya ialah hijab yang menutup dan sesuai ajaran Islam yang tercantum dalam Al-Quran. Jika hijab yang digunakan seluruh perempuan muslim sesuai dengan anjuran Islam tentunya tidak akan mengundang pelaku kejahatan.

Selain menjalankan perintah Allah hijab yang sesuai dengan anjuran Islam akan menjauhkan kita dari tindak kejahatan dan fitnah terlepas tidak terlepas dari modernisasi dan tren yang saat ini sedang buming.

Mengikuti tren atau mode tidak menjadi masalah asalkan mode atau tren itu yang menyesuaikan pada ajaran Islam sesuai tuntutan hijab yang dianjurkan. Pergeseran nilai pada hijab ditakutkan akan menimbulkan pandangan yang salah bagi orang-orang muslim dan membudaya pada presefektif yang salah.

Jangan biarkan modernisasi menggeserkan nilai dalam agamamu, pegang tegulah dan jalanilah kewajibanmu. Hijab saat kau menggunakannya bahkan malaikat pun mengagumimu.

1 Comment

1 Comment

  1. Tips Puaskan Suami

    17 Desember 2013 at 21:35

    Setuju!!! satu hari saya yakin blog nie pasti jadi terkenal…

    awak memang terbaik dalam idea dan penulisan… tahniah

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

To Top
Kancah Kreativitas Ilmiah