Ukhuwah Poto

Hidup “Mesra” Dengan Sampah

Di tahun 2016, Indonesia dinobatkan sebagai negara kedua penyumbang sampah terbesar (khususnya sampah plastik ke laut) setelah Cina. Fakta ini cukuplah mengingatkan kita pada meningkatnya produksi sampah di Indonesia yang mengkhawatirkan.

Mari ambil contoh di Palembang: berdasarkan data dari Geotimes, produksi sampah di sana telah mencapai angka 1.200 ton per hari, atau naik hingga 500 ton dari data sebelumnya. Angka ini pun belum ada apa-apanya jika dibandingkan dengan produksi sampah di Jakarta (6.500 ton per hari) dan Bali (10.725 ton per hari).

Secara umum, Indonesia menghasilkan sampah sebanyak 175.000 ton per hari, dengan masing-masing orang menyumbangkan 0,7 kilogram sampah.

Disisi lain penelitian yang dilakukan ilmuwan dari Indonesia, Amerika Serikat, Australia, Thailand, Myanmar, Kanada terhadap 159 terumbu karang dari tahun 2011-2014 di Asia Pasifik menyebutkan plastik paling banyak ditemukan di Indonesia, 26 bagian per 100m2 terumbu, dan paling sedikit ditemukan di Australia.

Dalam foto berikut ini mencoba menunjukkan beberapa aktivitas warga di kawasan Tempat Pembungan Akhir (TPA) Sukawinatan di Palembang, Sumatera Selatan.

Foto dan Narasi : Nopri Ismi

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

To Top
Kancah Kreativitas Ilmiah