Rektorat

Hari Pertama PKM, Catur Jadi Cabor Pembuka  

Peserta lomba Catur Kilat Putra sedang berkonsentrasi mengikuti petandingan dalam rangka Pekan Kreatifitas Mahasiswa (PKM) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) Se-Sumatera di Asrama Haji Palembang, Selasa (9/10/18). Ukhuwahfoto/Melati.

Palembang – Ukhuwahnews.com | Setelah melaksanakan ceremony Pekan Kreatifitas Mahasiswa (PKM) tingkat Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKAIN) se-Sumatera di Jasmani Daerah Militer II Sriwijaya, kegiatan ini dilanjutakan dengan petandingan catur, Selasa (9/10/18).

Pertandingan yang diadakan di Asama Haji Sumatera Selatan (Sumsel) tersebut merupakan pembuka dari 29 cabang lomba lainnya.

Koodinator lomba catur, Dr. Muh. Mawangir M.Ag  menjelaskan, untuk pertandingan cabang lomba ini sendiri akan berlangsung selama 2 hari dengan diikuti perwakilan-perwakilan PTKIN se-Sumatera.

“Cabang lomba ini akan dilaksanan hari ini sampai besok, Selasa sama Rabu,” tegasnya.

Dalama pertandingan cabang lomba ini, Mawangir menuturkan terdapat 3 kategori yang diperlombakan. “Kategori catur klasik, catur cepat, dan catur kilat. Semuanya terdapat kategori putra dan putri,” jelasnya.

Sedangkan sistem penilaiann sendiri, lanjutnya, menggunakan sistem swiss (lima babak), dan untuk penilaian juara, ditentukan dari match point (mp), solkoff (bucholzs), pogessive score (ps) yang dihasilkan masing-masing peserta.

“Kontrol waktu selama pertandingannya sendiri, catur klasik yaitu 60 menit, catur cepat 15 menit, dan catur kilat 3 menit ditambah bonus 2 detik untuk setiap pemain jika dibutuhkan,” sambunganya.

Semantara, Mawangir menambahkan, Universitas Islam Negeri Raden Fatah (UIN RF) Palembang mengirimkan 6 kontingan untuk mengikuti cabang lomba ini, dimana peserta-peserta yang ditunrunkan merupakan hasil seleksi PKM tingkat kampus sebelumnya.

“Peserta yang terseleksi ini, sebelumnya sudah saya ajak untuk latihan di kampus dan kadang juga di rumah, supaya lebih bisa belajar trik dan cara saat bertanding,” tambahnya

Salah satu Kontingen UIN RF, Surya Setiawan misalnya. Mahasiswa yang sudah berhasil masuk pada babak kedua cabang catur cepat ini mengaku telah mempersiapkan sejak satu bulan lalu untuk mengikuti kegiatan tersebut.

“Kurang lebih sudah dari awal bulan September, saya rutin mengikuti latihan di kampus, dan kadang juga Sabtu dan Minggu latihan di rumah bapak Mawangir,” katanya.

Walaupun begitu, Surya megungkapakan bahwa keberhasilannya masuk ke babak selanjutnya, karena faktor keberuntungan. “Seharusnya babak pertama ini saya melawan Dodi dari IAIN Bengkulu, tapi dia izin karena sedang sakit demam berdarah. Jadi otomatis saya masuk ke babak selanjutnya,” ungkapanya.

Untuk targetnya sendiri, Surya berharap dapat meraih mendali emas. “Selain itu juga, semoga UIN RF bisa menjadi juara umum di acara PKM PTKIN Se- Sumatera ini,” tungkasnya.

 

 

Reporter : Erna Rustiana, Monalia, Kenedy, Melati P Arsika

Editor : Alfiansyah

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

To Top
Kancah Kreativitas Ilmiah