Universiana

Hari Pertama PBAK, 20 Maba Tumbang

Panitia Kesehatan Sedang membawa Mahasiswa Baru yang tumbang ke posko kesehatan. Senin (14/8/2018). Ukhuwahfoto/Fitria

UIN – Ukhuwahnews | Hari pertama Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) di lapangan Universitas Islam Negeri Raden Fatah (UIN RF) Palembang dimulai sejak pukul 06.00 pagi. Akibatnya 20 Mahasiswa baru (Maba) Tumbang dan jatuh pingsan. Senin (13/8/18)

Hal tersebut dibenarkan oleh Kordinator kesehatan, Ria yang mengatakan bahwa cukup banyak Maba tidak kuat hingga pingsan dalam mengikuti rangkaian acara hari ini.

“Maba tersebut terpaksa harus dilarikan keposko kesehatan yang sudah disiapkan,” katanya

Hari ini memang Maba dijadwalkan datang lebih awal untuk melakukan persiapan acara. Namun, telah diinstruksikan untuk sarapan terlebih dulu agar mendapatkan energi untuk melakukan kegiatan hari ini

“Dari sebagian mahasiswi yang pingsan memang memiliki riwayat asma yang menyebabkan organ pernapasannya terganggu sehingga harus dilakukan penanganan khusus seperti oksigen,”

Ria menambahkan, bagi Maba yang memang tidak memungkinkan lagi untuk melanjukan acara, mereka di izinkan untuk pulang dan diberi keringanan untuk tidak mengikuti kegiatan PBAK Sebagai antisipasi dan pemulihkan kondisinya.

Chyita Wulan salah satu peserta PBAK yang ikut menemani rekannya yang pingsan dan dibawah ke posko mengungkapkan bahwa sebelumnya baik-baik saja namun saat acara penyakit asmanya kambuh yang diakibatkan sesaknya situasi dilapangan.

“Kegiatan yang cukup padat dan juga memakan waktu yang cukup lama sekitar satu minggu. Membuat peserta merasa lelah dan kurang istirahat.”

Harapan saya para peserta diberikan waktu yang cukup untuk beristirahat agar mereka tidak mudah lelah untuk memngikuti kegiatan PBAK sampai selesai.

 

reporter : Cahaya, Indah PS

editor : Fitria

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

To Top
Kancah Kreativitas Ilmiah