Kabar Sumsel

Era Generasi Z, Tantangan Orang Tua Bentuk Karakter Anak

Seminar Parenting – Pakar Parenting Nasional, Maimon Herawati meyampaikan materinya dalam acara Milad ke 17 FLP, di Hotel Majestic Palembang, Sabtu (23/12/2017)/Ukhuwahnews/Maya Citra Rosa.

Palembang – Ukhuwahnews.com | Orang tua bertanggung jawab membentuk karakter anak dalam menjawab tantangan di era generasi Z, begitulah yang disampaikan oleh pakar Parenting Nasional, Maimon Herawati saat mengisi Seminar Parenting Nasional yang digelar oleh Forum Lingkar Pena (FLP) Wilayah Sumatra Selatan (Sumsel) di Hotel Majestic Palembang, Sabtu (23/12).

Maimon yang akrab dipanggil teh Imun mengatakan, anak-anak generasi sekarang umumnya tidak mudah memahami informasi yang mereka terima secara tanggap, “Mereka akan fokus sedikit-sedikit pada suatu informasi yang mereka terima,” ujarnya.

Menurut Imun, orang tua tidak banyak mengetahui jika teknologi menjadi faktor yang dapat mempengaruhi  karakter dalam pendidikan dan pengasuhan anak. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi orang tua di era digital sekarang.

“ Mengasuh anak dengan gadget, tentunya sangat bisa meracuni anak,” tuturnya.

Selain gadget, teh Imun juga mengungkapkan bahwa banyak faktor lain yang dapat mempengaruhi anak di era generasi Z sekarang ini, “Seperti film Korea dengan ekspektasi romantisme, serta faktor besarnya adalah moto, food, fashion, dan fun dalam pergaulan,” jelasnya.

Terakhir, Imun mengajak orang tua untuk mengarahkan anak-anaknya secara perlahan dengan cara tidak memaksa. Namun, jika ada yang ada yang tidak dimengerti oleh anak, jelaskan secara perlahan. “Misalnya, kenapa tidak boleh meludah sembarangan, anak harus paham alasannya,” terangnya.

Sementara, Ketua FLP Palembang sekaligus Ketua Pelaksana kegiatan ini, Novhita S Malihah mengungkapkan bahwa Seminar Parenting yang dihadiri oleh berbagi kalangan dari berbagai daerah di Sumsel ini, merupakan rangakaian acara Milad ke-17 dan Musyawarah ke-5 FLP wilayah Sumsel.

 

Reporter : Afs

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

To Top
Kancah Kreativitas Ilmiah